Dispar Banda Aceh latih Pelaku Usaha Penginapan Ditengah COVID-19

Covid-19

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh menggelar pelatihan manajemen pengelolaan khusus bagi pelaku usaha penginapan setempat, di antaranya “homestay”, pondok wisata, dan rumah wisata selama empat hari walau di tengah pandemi COVID-19.

“Yang ikut pelatihan ini adalah mereka yang memang berkecimpung di industri pariwisata, terutama yang mengelola ‘homestay’, pondok wisata, dan rumah wisata,” ucap Kepala Dispar Kota Banda Aceh, Iskandar di Banda Aceh, Sabtu.

Ia mengaku, setidaknya terdapat 40 orang pelaku usaha dari jasa penginapan yang berada di wilayah “Kota Serambi Mekkah” mengikuti pelatihan yang berlangsung dari tanggal 1- 4 Oktober 2020.

Sistem manajemen yang diterapkan suatu tempat penginapan, lanjutnya, dewasa ini merupakan langkah Pemerintah Kota Banda Aceh dalam memulihkan perekonomian, khususnya melalui bisnis wisata dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

“Bisnis pariwisata dan protokol kesehatan harus beriringan, sehingga roda perekonomian akan bergeliat kembali yang membuat peluang kerja meningkat, dan penyerap angka pengangguran,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya mengharapkan melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan kapasitas pengelola tempat penginapan, terutama dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan yang menginap di tempat mereka.

Sebab, menurutnya, penginapan merupakan ujung tombak pariwisata di “Kota Gemilang”, julukan lain dari ibu kota Provinsi Aceh.

“Jadi kebersihan harus dijaga, dan pelayanan harus ditingkatkan, sehingga memberi suatu kenyamanan kepada wisatawan yang datang,” terang Iskandar.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dispar Kota Banda Aceh, Nova Indriani, menambahkan, pemateri dalam pelatih ini merupakan individu berkompeten dibidangnya, di antaranya konsep pengelolaan, pemasaran, dan lain sebagainya. 

“Ada juga pengenalan sadar wisata, dan sapta pesona. Komunikasi ‘hospitality’, dan pelayanan prima dalam mengelola ‘homestay’,” tuturnya.

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun