Selain SCTV, tvOne Juga Tayangkan Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI

Bukan hanya SCTV yang bakal menayangkan film G30S/PKItvOne juga bakal kembali menayangkan film ‘Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI‘ tahun ini.

Film ini diproduksi pada 1984, yang disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer, dengan produser G Dwipayana. tvOne sudah tiga kali menayangkan film ini, pertama kali ditayangkan pada 2017 menjelang hari Kesaktian Pancasila.

“Film ini pernah menjadi film yang wajib diputar pada masanya. Kami melihat respons masyarakat yang menonton film ini cukup tinggi pada tahun-tahun sebelumnya. Tayangan ini kami putar untuk masyarakat yang rindu dengan film ini,” kata Direktur Program dan Sport tvOne, Reva Deddy Utama, dalam keterangan tertulis, Selasa (29/9/2020).

Film G30S/PKI ini dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, Ade Irawan, dan Syubah Asa. Film yang melewati masa produksi selama dua tahun ini dibuat dengan anggaran sebesar Rp 800 juta.

Film dengan durasi 4 jam ini akan tayang di tvOne pada Rabu, 30 September 2020, mulai pukul 21.00 WIB.

Sebelumnya, SCTV akan menayangkan film G30S/PKI pada Minggu, 27 September 2020. SCTV memiliki pertimbangan mengapa menayangkan film tersebut bukan saat 30 September.

“Memang bukan di tanggal 30-nya. Tapi, ya, kita pikir kenapa di hari Minggu? Supaya banyak orang yang di rumah, mungkin udah kangen nonton film ini, setahun sekali, gitu, jadi bisa nonton, semoga bagus,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tentang film G30S/PKI sempat menjadi perbincangan di dunia perpolitikan Indonesia usai disinggung Gatot Nurmantyo. Gatot menyebut diganti sebagai Panglima TNI gegara menginisiasi acara nonton bareng film G30S/PKI.

“Pada saat saya menjadi Panglima TNI, saya melihat itu semuanya, maka saya perintahkan jajaran saya untuk menonton film G30S/PKI. Pada saat itu, saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja partai PDI, menyampaikan, ‘Pak Gatot, hentikan itu, kalau tidak pasti Pak Gatot akan diganti’,” kata Gatot saat bicara di channel YouTube Hersubeno Point, dikutip detikcom pada Rabu (23/9). Detik