Kakanwil Kemenag Aceh Tinjau Pelaksanaan SKB CPNS

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg dan Kabag TU, Drs H Amiruddin MA meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi tahun 2019 di MTsN 2 dan MAN Model Banda Aceh, Senin, 14 September 2020.

Selain 2 madrasah tersebut, MIN 6 Banda Aceh juga menjadi pusat pelaksanaan SKB di ibukota Provinsi Aceh itu.

Iqbal ingin memastikan pelaksanaan SKB pada hari pertama berjalan dengan lancar dan peserta  menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, sejauh ini belum ada kendala yang kita dapatkan. Para peserta juga dengan tertib mengikuti seluruh arahan yang telah kita sampaikan jauh-jauh hari melalui Kankemenag dan via media sosial,” kata Iqbal.

Iqbal mengatakan, panitia pelaksanaan SKB telah mempersiapkan tempat dan juga memastikan jaringan internet dan aplikasi stabil saat pelaksanaan SKB.

“Karena ini sistem daring kita sudah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin, sehingga tidak ada hambatan saat pelaksanaan tes,” katanya.

Dikatakannya, setiap peserta diberikan waktu 30 menit pada ujian praktek ini.

Ia juga mengatakan, dirinya akan pro-aktif memantau pelaksanaan SKB hingga selesai.

“Kita juga akan aktif melakukan koordinasi dengan panitia di pusat sehingga pelaksanaan SKB tahun ini berjalan dengan baik dan melahirkan ASN yang profesional dan mampu memberikan kontribusi untuk Kementerian Agama,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SKB CPNS Kemenag Aceh dilakukan secara transparan dan akuntabel.

“Kita menyiapkan sistem aplikasi, kepanitiaan serta pengawasan sejak awal untuk memastikan pelaksanaan SKB berjalan dengan akuntabel dan transparan, harapannya akan lulus calon-calon PNS terbaik,” ungkapnya.Pelaksanaan SKB tahun ini dilakukan secara daring dan para penguji berada di MTsN 2 Banda Aceh. Jadwal SKB sama seluruh Aceh, dan serentak dilakukan se-Indonesia.

Sebagai informasi, untuk formasi tahun 2019, ada 576 CPNS yang mengikuti SKB CPNS dalam lingkup Kanwil Kemenag Aceh. Para peserta akan memperebutkan 237 formasi.

Pelaksanaan SKB tahun ini dilakukan secara daring dan para penguji berada di MTsN 2 Banda Aceh.

Ada 3 tahapan SKB yang harus diikuti oleh para peserta di antaranya,  praktik kerja mulai 14-17 September, kemudian tes psikotes pada 18 September, dan terakhir wawancara mulai 19-22 September.

Untuk wilayah Aceh ada 25 titik pelaksanaan SKB yang tersebar di 22 kabupaten/kota se-Aceh di antaranya, Kankemenag Sabang , MIN 6 Banda Aceh, MTSN 1 Banda Aceh, dan MAN Model Banda Aceh.

Kemudian, Kankemenag Aceh Jaya, MAN 4 Aceh Besar, MTsN 4 Pidie dan MAN 1 Pidie, Kankemenag Pidie Jaya, MAN 1 Aceh Barat, Kankemenag Nagan Raya, MAN 1 Aceh Tengah, Kankemenag Simeulue, MAN 2 Bireuen, MTsN 1 Lhokseumawe, MAN 2 Aceh Utara.

Kemudian, Kankemenag Aceh Timur, MTsN 1 Langsa, Kankemenag Aceh Tamiang, Kankemenag Gayo Lues, Kankemenag Aceh Barat Daya, MAN 1 Aceh Selatan, MAN 1 Aceh Tenggara, MTsN 1 Kota Subulussalam, dan Kankemenag Aceh Singkil.