Plt Gubernur Aceh jadi Inspektur Upacara HUT RI ke-75

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia yang digelar di halaman Kantor Gubernur Aceh, Senin (17/8/2020).

Upacara yang dimulai pukul 7 pagi itu diikuti Wali Nanggroe, Malik Mahmud, Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Aceh, Irjen. Pol Wahyu Widada, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Muhammad Yusuf, Sekda Aceh, Taqwallah, para Kepala SKPA, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, serta unsur Forkopimda Kota Banda Aceh.

Peringatan HUT RI yang berlangsung khidmat itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Seluruh peserta upacara terlihat menggunakan masker pelindung wajah dan jumlah peserta upacara juga terbatas.

Nova Iriansyah usai memimpin upacara juga menyerahkan cindera mata secara simbolis kepada enam penerima dari keluarga pahlawan, veteran dan purnawirawan.

Dalam penjelasannya kepada awak media, Nova mengatakan meskipun di tengah pandemi virus korona, semangat untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tidak pernah redup di hati anak bangsa.

“Semangat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan tetap tertancap di dada kita sehingga dalam suasana yang prihatin pun, Covid-19, kita tetap melanjutkan tugas-tugas negara walaupun harus dikondisikan sesuai protokol kesehatan,” ujar Nova yang hadir di lokasi bersama Istri, Dyah Erti Idawati.

Pada kesempatan itu Nova juga menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Aceh agar terus menjaga diri agar tidak terpapar virus korona dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Nova mengatakan, tingkat resiko penyebaran virus korona di Aceh termasuk yang paling tinggi di Indonesia di mana tingkat kesembuhan yang rendah dan tingkat terpapar tinggi.

“Saya berpesan, tingkat resiko kita termasuk yang paling tinggi untuk saat ini di Indonesia,” kata Nova.

Nova juga mengingatkan masyarakat bahwa virus korona adalah nyata dan bukan rekayasa. Untuk itu masyarakat diminta tetap menjaga kesehatan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita doakan vaksinnya segera ditemukan,” katanya.