UIN Ar-Raniry Buka PMB Lokal Tahun 2020

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Warul Walidin

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun tahun 2020 melalui jalur PMB Lokal (Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri), jalur tersebut merupakan tahap terakhir dari seluruh julur yang dibuka UIN Ar-Raniry Banda Aceh dari 5 Jalur Masuk yang disediakan.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, DR. Drs. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D, Kamis (9/7/2020) mengatakan, UIN Ar-Raniry telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tahun 2020, yakni melalui jalur PMB Lokal, yang merupakan jalur terakhir di UIN Ar-Raniry.

“Pendaftaran dilakukan secara online dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2020 mendatang melalui link http://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/, selanjutnya calon mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran melalui Bank Aceh Syariah atau BRI Syariah paling lambat 31 Agustus 2020,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, pelaksanaan ujian jalur PMB lokal tersebut dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 5-9 September 2020 dan hasil akan diumumkan pada 14 September pukul 17.00 wib melalui link pendataran.

“Hal lain yang menjadi peluang besar bagi pendaftar pada jalur PMB Lokal adalah pada jalur ini dibuka seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 42 prodi dari Sembilan Fakultas, berbeda dengan jalur nasional pada UM-PTKIN hanya dapat memilih prodi keagamaan saja, begitu juga dengan jalur SBM-PTN, peserta hanya dapat memilih prodi umum saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Warek I mengungkapkan bahwa UIN Ar-Raniry sebagaimana biasanya menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur, antara lain, seleksi prestasi akademik secara nasional, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN), dan jalur tes atau ujian juga secara nasional, yakni Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN), serta jalur terakhir PMB Lokal.

Pada tahun 2020, UIN Ar-Raniry memiliki daya tampung sebanyak 4.035 mahasiswa baru, jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari jalur yang dibuka, yang terdiri dari 30 persen dari jalur SPAN-PTKIN dan SNM-PTN, 40 persen dari SBM-PTN dan UM-PTKIN, serta 30 persen dari jalur PMB Lokal.

Prodi HES UIN Ar-Raniry, Peringkat I Nasional

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA mengatakan bahwa salah satu program studi di UIN Ar-Raniry, yakni Prodi Hukum Ekonomi Syariah pada Fakultas Syariah dan Hukum kembali meraih peringkat pertama terbanyak peminatnya secara nasional pada jalur UM-PTKIN.

“Prodi HES UIN Ar-Raniry telah beberapa kali meraih peringkat pertama terbanyak peminat secara nasional, dan Alhamdulillah tahun ini kembali meraih peringkat pertama untuk ketiga kalinya berturut-turut, tahun ini mencapai 1.380 peminat,” katanya.

Selain itu kata Warul, beberapa program studi lain di UIN Ar-Raniry masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry, seperti Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, prodi arsitektur, teknik lingkungan dan teknologi informasi, serta beberapa prodi lainnya.

Warul Walidin menambahkan, pada tahun 2020 ini UIN Ar-Raniry juga meraih peringkat ketujuh dari 59 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional yang menyelenggarakan UM-PTKIN tahun 2020, dengan total peminat 14.306 orang.