Sejumlah Destinasi Wisata Aceh Masuk Nominasi API Award 2020

Delapan destinasi yang ada di Aceh masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Hal ini diketahui melalui surat yang dikirim kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil masuk nominasi tertanggal 1 Juli 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, SE, M.Si, Ak mengatakan, ada 18 kategori yang dilombakan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Kedelapan belas tersebut adalah: kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja, Cendera Mata, Olahraga & Petualangan, Wisata Air, Ekowisata.

Selain itu, ada kategori Dataran Tinggi, Atraksi Budaya, Situs Sejarah, Kampung Adat, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi.

Jamaluddin mengatakan, Aceh berhasil masuk nominasi di delapan kategori, yaitu Kampung Gayo Bebesan – Aceh Tengah (API 5D), Rencong Batu – Aceh Selatan (API 6F), Surfing Samadua – Aceh Selatan (API 8G), Damaran Baru EcoVillage – Bener Meriah (API 9B), Tugu RRI Rimba Raya – Bener Meriah (API 12J), Rampoe Langsa – Langsa (API 11H), Sabang Marine Festival – Sabang (API 14I) dan Museum Tsunami – Banda Aceh (API 16G).

“Perlu semangat semua pihak, tidak hanya Bupati/Walikota terkait dan jajarannya, tapi juga seluruh masyarakat Aceh, khususnya millennial Aceh sebagai digital volunteer untuk memenangkan Aceh sebagai juara dalam kompetisi API Award 2020, ” sebut Jamal.

Lebih lanjut, Jamal menambahkan bahwa Aceh memiliki ragam keunikan dan pesona alam serta budaya yang tidak kalah menarik dari daerah-daerah lainnya di Indonesia. Tapi untuk menang dalam kompetisi API Award 2020 perlu ajakan untuk voting bersama.

Sementara Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, M.Bus mengajak semua pihak untuk mendukung agar bisa memperoleh Anugerah Pesona Indonesia 2020 dengan cara voting atau pemungutan suara.

Ia mengatakan, periode voting akan dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020. “Untuk kesekian kalinya kita ikuti kontes API Award 2020, tentu ini menjadi tantangan bagi kita di tengah kondisi Covid-19 merebak di dunia, termasuk di Aceh,” katanya.

Pemungutan suara dilakukan dengan 4 cara, yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara suscribe dan Like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan menlike gambar nominasi dan dan terakhir adalah dengan cara aplikasi Android.

“Ayo semua kita bersemangat untuk terus mempromosikan pesona Aceh melalui Kompetisi Anugerah Pesona Indonesia 2020. Bila saatnya nanti Covid-19 berakhir, maka wisatawan pasti menjadikan Aceh sebagai destinasi utama untuk dikunjungi, karena Aceh itu unik, menarik, penuh sejarah dan makanannya enak di lidah wisatawan, ” tutup Rahmadhani.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads