UIN Ar-Raniry Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir Bandang Aceh Tengah dan Bener Meriah

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir bandang di wilayah Kabupaten Aceh Tangah dan Bener Meriah, Rabu (20/5/2020).

Bantuan tersebut diantar langsung oleh wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan, Drs. Gunawan Adnan, MA, Ph.D bersama Wakil rektor bidang keuangan dan perencanaan, Dr. Syabuddin Gade, MA, diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi.

Warek I UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, Ph.D mengatakan, sumbangan berupa uang tunai tersebut merupakan yang terkumpul dari Bazis UIN Ar-Raniry untuk korban banjir yang menimpa masyarakat di wilayah Aceh Tengan dan Bener Meriah.

Ia menyatakan, hal tersebut merupakan wujud keperdulian UIN Ar-Raniry terhadap musibah yang menimpa masyarakat di dua wilayah tersebut, walau nilainya tidak banyak namun rasa empati dan kepedualian kampus jantong hate rakyat Aceh terhadap masyarakat yang terdampak dari musibah tersebut.

“Kami mewakili civitas akademika UIN Ar-Raniry mengantar langsung bantuan kepada masyarakat dan Alhamdulillah dapat diterima langsung oleh bapak bupati, semoga bantuan tersebut sedikit bisa membantu dan meringankan dalam memenuhi kebutuhan warga yang terdampak,” ujar Warek I.

Gunawan menambahkan, di Aceh Tengah pihaknya diterima langsung oleh Bupati Shabela Abubakar tepatnya di posko induk panggulangan bencana, yakni di desa Paya Tumpi Baru dan bantuan tersebut diselarahkan langsung kepada Reje.

Begitu juga di Bener Meriah kata Gunawan, bantuan tersebut dapat diserahkan langsung kepada bupati Sarkawi yang damping oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si dan Kepala Dinas Syariat Islam Taslim, M.Sos di Mushalla Pendopo setempat.

“Antara UIN Ar-Raniry dengan Kabupaten ini talah lama terjalin kerja sama, antara lain penempatan mahasiswa KPM (kuliah pengabdian masyarakat) yang telah berlangsung beberapa gelombang, oleh sebab itu UIN Ar-Raniry sangat merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat,”kata Gunawan.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyampaikan terima kasih kepada UIN Ar-Raniry atas kepedualiannya terhadap mayarakat Aceh Tengah, khususnya yang terdampak bencana alam banjir bandang, apalagi ditengah wabah Covid-19 ini.

Hal senada juga disampaikan Bupati Bener Meriah, Teungku Haji Sarkawi, ia menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika UIN Ar-Raniry yang telah membantu korban banjir dan tanah longsor diwilayahnya, khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak secara langsung.