Kemenag Aceh Salurkan 9.900 Sarung Tangan ke KUA untuk Hindari Covid-19

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyalurkan 9.900 sarung tangan untuk seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Aceh.

Penyerahan sarung tangan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, H Saifuddin dan diterima oleh Kasi Bimas Islam Kankemenag Banda Aceh, Juniazi.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Aceh, H Hamdan mengatakan, KUA sebagai ujung tombak Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan harus dibekali alat pelindung diri (APD) di tengah wabah Covid-19.

“Upaya-upaya ini akan terus kita lakukan agar para penghulu tidak terinfeksi saat melayani masyarakat,” kata Hamdan.

Ia menjelaskan, sebelumnya Kanwil Kemenag Aceh juga telah menyalurkan wastafel untuk seluruh KUA di Aceh yang berjumlah 274 KUA.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan menyalurkan 5.000 masker yang juga diperuntukkan bagi ASN KUA.

“Hari ini kita bantu sarung tangan, kemarin wastafel untuk seluruh KUA di kecamatan. Secara perlahan kita juga akan mengirimkan masker untuk teman-teman di KUA, masker memberikan perlindungan kepada penghulu, masyarakat dan orang yang hadir saat akad nikah,” ucap Hamdan.

Dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, Kemenag Aceh juga telah meminta KUA di Aceh untuk membatasi jumlah pengunjung yang hadir saat pelaksanaan akad nikah. Para pengunjung juga diwajibkan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum akad nikah.

Selain itu, akad nikah juga diimbau dilakukan di luar ruangan.

“Jadi yang hadir hanya 10 orang, pengantin, saksi, penghulu dan masyarakat yang hadir juga wajib menggunakan masker,” katanya.

Petugas juga diminta benar-benar memperhatikan protokol keselamatan saat melayani masyarakat yang akan melangsungkan akad nikah.

“Kalau syarat tidak terpenuhi tunda dulu, misalnya tidak ada masker, cari dulu maskernya baru lanjutkan akad nikah,” sebut Hamdan.