Cegah Corona, Pemprov Aceh Imbau Tak Cipika-cipiki hingga Jauhi Maksiat

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengeluarkan surat edaran untuk mencegah virus Corona melalui ibadah, perilaku hidup bersih dan sehat. Nova meminta masyarakat Tanah Rencong menjauhi maksiat dan menghindari cipika-cipiki ketika bertemu.

Surat edaran bernomor 440/4820 tersebut diteken Nova pada 12 Maret lalu. Surat ditujukan kepada wali kota/bupati se-Aceh hingga masyarakat Serambi Mekah. Dalam surat itu, terdapat 11 poin imbauan.

Di antaranya, Nova mengimbau kepada seluruh masyarakat agar setiap bertemu dengan sesama, mengucapkan salam dan untuk sementara waktu sebaiknya menghindari berjabat tangan, berpelukan dan cipika-cipiki. Selain itu, Nova mengimbau masyarakat untuk menghindari semua jenis maksiat dan semua perbuatan yang jauh dari nilai-nilai agama dan Syariat Islam.

“Kami juga mengimbau agar setiap masyarakat Aceh menjaga wudhu’, perbanyak zikir, ibadah serta doa kepada Allah SWT untuk kesehatan, keselamatan dan tercegah dari marabahaya serta dari semua jenis penyakit termasuk Corona (COVID-19),” kata Nova dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

Selain itu, Nova meminta masyarakat menghindari keramaian serta perkumpulan massa jika tidak penting. Warga Tanah Rencong juga diimbau makan sayur dan buah untuk menjaga stamina serta daya tahan tubuh.

“Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan,” sebut Nova.

“Jika mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak nafas, agar menggunakan penutup mulut dan hidung serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan,” imbau Nova.

Selain membuat imbauan, Pemerintah Aceh juga menunjuk dua rumah sakit yiatu Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) di Banda Aceh serta Rumah Sakit Cut Mutia di Lhokseumawe untuk menangani bila ada pasien Corona. Sejumlah ruangan khusus disiapkan di dua rumah sakit tersebut.

“Secara prinsip kita siap menghadapi ini (menangani pasien). Kita sudah bentuk SOP khusus sesuai petunjuk menkes dan presiden,” beber Nova usai meninjau Respirating Intensive Care Unit (RICU) RSUZA, Kamis (12/3). detik