Tes SKD CPNS Kemenag Aceh Mulai 3 Maret, Ini Lokasinya!

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melaksanakan tes Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Tested (CAT) bagi CPNS Kemenag Aceh mulai 3-10 Maret 2020.

Ujian SKD akan dipusatkan di Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh. Selain karena jumlah ruangan yang memadai, asrama haji juga strategis dan mudah dicari oleh para peserta.

Para peserta dapat melihat pengumuman resmi melalui website kemenag.go.id atau aceh.kemenag.go.id yang akan dirilis hari ini, Selasa (25 Februari 2020) oleh Kemenag RI.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Aceh, H Saifuddin mengatakan, mulai hari ini Kemenag Aceh telah melakukan persiapan seperti penataan ruang, pemasangan server serta menyediakan perangkat komputer di ruang ujian. Ada 600 komputer yang disediakan oleh Kemenag Aceh.

“Persiapan sudah mencapai 80 persen, sudah dipasang jaringan tinggal menunggu peralatan, kita sudah siapkan 600 peralatan untuk per sesi 550. 50 lagi cadangan kalau ada kendala,” kata Saifuddin.

Saifuddin menjelaskan, berdasarkan perkiraan Kemenag Aceh ujian SKD akan selesai dalam waktu 8 hari. Sebab itu, pihaknya telah mengatur dalam satu sesi ada sekitar 550 peserta yang mengikuti ujian dengan jumlah 4-5 sesi dalam satu hari.

“Hari pertama 4 sesi, selanjutnya 5 sesi, ini untuk mengejar 8 hari memang harus begitu. Dimana satu sesi durasinya 90 menit,” sebutnya.

Saifuddin juga menjelaskan, pihaknya telah mengajukan kepada Kemenag RI agar dilakukan pemisahan antara pria dan wanita saat ujian.

“Kita upayakan pisah antara perempuan dan laki-laki, ini sudah kita minta ke pusat sesuai syariat kita. Apakah lelaki semua yang masuk di hari pertama , baru di hari terakhir perempuan yang masuk,” ungkapnya.

Para peserta diminta hadir ke lokasi ujian 120 menit atau 2 jam sebelum ujian dimulai. Selain itu, para peserta juga diwajibkan untuk mengenakan baju putih dan bawahan berwarna hitam ditambah lagi pita hijau yang dilekatkan di lengan kanan mereka. Untuk para wanita diminta mengenakan jilbab hitam.

“Ini tujuannya agar kelihatan yang mana peserta. Kenapa hadir dua jam sebelum ujian, ini untuk diberikan PIN peserta dan juga registrasi,” katanya.

Para peserta juga diimbau untuk menaati aturan lainnya yang berlaku di ruang ujian sebagaimana telah dicantumkan dalam tata tertib SKD yang diumumkan melalui website resmi Kemenag Aceh.

Sebagai informasi, ada 19.854 peserta yang akan mengikuti SKD Kemenag Aceh. Para peserta ini akan memperebutkan 237 formasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads