#TolakSementaraTurisChina Bergema, Ini Kata Anggota Komisi I DPR

Pemeriksaan ketat di Bandara SIM Aceh, mencegah virus corona/Foto : Detik.com

Tagar #TolakSementaraTurisChina menjadi trending topic di Twitter akhir pekan ini. Tagar tersebut muncul tidak terlepas dari mewabahnya virus Corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Dilihat detikcom pukul 13.50 WIB, Minggu (26/1/2020), tagar #TolakSementaraTurisChina sudah dipakai lebih dari 16 ribu kali. Komentar para pengguna Twitter pun beragam.

Akun @ronavioleta, misalnya, berdoa agar rakyat Indonesia dilindungi dari virus Corona. Ada juga @bangtanddrugs yang mendukung tagar tersebut, namun bukan karena rasis.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un… Ya Allah… Lindungi bangsa kami #TolakSementaraTurisChina,” tulis akun @ronavioleta.

“Bukannya gue rasis atau gmana tp gue dukung hastag ini. gue takut aja gitu mereka yang dateng sengaja pindah negara atau gmna gitu kita kan gak tahu #TolakSementaraTurisChina,” ketik @bangtanddrugs.

Tidak hanya pengguna Twitter, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan juga menanggapi tagar #TolakSementaraTurisChina. Syarief meyakini jika tagar tersebut adalah jalan terbaik, Komisi I DPR akan mendukungnya.

“Virus ini kan sudah mulai melebar, gitu loh, iya kan. Nah, tentu kita lihat nanti perkembangannya. Karena sudah ada 53 juta rakyat China yang sudah tersebar, terinfeksi,” kata Syarief kepada wartawan terpisah.

“Kita kan nggak tahu nih yang 53 juta ini ke mana. Kalau memang itu yang terbagus, saya pikir Komisi I akan mendukung, begitu,” imbuhnya.

Syarief menilai penolakan terhadap orang-orang yang bepergian dari China merupakan salah satu antisipasi penyebaran virus Corona.

“Sementara ini kalau mau dibatasi begitu, ya, kalau memang menyebar sekali, mungkin langkah yang patut kita antisipasi,” terang Syarief. detik