Rizky Sopya Raih Predikat Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019

Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial di Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Rizky Sopya berhasil meraih nilai tertinggi pada seleksi “Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019” yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, (09/12/2019).

Rizky Sopya yang terpilih sebagai Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pedamping PKH di Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah, sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami. Apresiasi ini bukan untuk saya sendiri. Melainkan, buat semua pendamping PKH Kota Banda Aceh yang bergerak dengan santun, penuh integritas dan professional”, ujar Rizky di Banda Aceh, Senin (09/12).

Adapun seleksi tersebut dilakukan Dinsos Aceh pada awal November 2019. Sedangkan tim juri seleksi teridi dari 3 pejabat Dinsos Aceh, 1 asesor, 1 pemerhati anak, penasihat khusus Gubernur Aceh bidang sosial dan 2 orang Koordinator wilayah PKH Aceh.

Dalam pengantar pengumuman hasil seleksi itu, panitia mengungkapkan 3 kriteria utam, yaitu, terlibat aktif dalam upaya pengentasan masalah sosial, mampu bekerjasama dengan banyak pihak dan memiliki inovasi dalam bergerak di masyarakat.

Lembaga Pendidikan dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nangroe) Aceh yang didirikan Rizky bersama sang suami, Ahmad Arif, merupakan salah satu wadah bagi Rizky dalam melakukan inovasinya itu. Berbagai kegiatan disinergikannya sehingga mendapatkan penerima manfaat yang lebih membutuhkan.

Sebagai contoh, mayoritas murid Sekolah PAUD RUMAN Aceh yang dikhususkan bagi kaum dhuafa dan rentan secara sosial ekonomi adalah anak berapa keluarga penerima PKH dari beberapa Kecamatan di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dinsos Aceh memberikan nilai tertinggi kepada Rizky yang disusul dua pendamping lainnya. Yaitu, Ade Oscar, pendamping PKH Kabupaten Aceh Utara dan Eka Damayanti, Pendamping PKH Kabupaten Pidie.

“Selamat kepada para peraih nilai tertinggi seleksi dan kiranya menjadi inspirasi serta stimulus bagi para pendamping lainnya untuk semakin baik dalam mendampingi masyarakat di daerah masing-masing,” ungkap Alhudri, Kepala Dinas Sosial Aceh.

Sebagai informasi, hadiah penghargaan “Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019” akan diberikan oleh Plt. Gubernur Aceh pada puncak peringatan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) tahun 2019 tingkat Provinsi Aceh yang akan dihelat pada bulan Desember ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads