Disdik Aceh Gelar Bimtek Pengelola Website

Sebanyak 50 orang perwakilan Bidang Disdik Aceh, UPTD Balai Tekkomdik, dan Cabang Dinas Pendidikan se Aceh mengikuti bimbingan teknis pengelolaan website Dinas Pendidikan Aceh yang digelar UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh.
KepalaDinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD, MPA membuka kegiatan bimbingan tekhnis kontributor pengelola website Dinas Pendidikan Aceh yang berlangsung sejak Senin (2/12/2019) hingga Rabu (4/12/2019) di Kota Sabang.
Turuthadir dalam kegiatan itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Sabang, Abdul Hamid, M. Pd, Kasi Layanan dan Publikasi, Drs Anwar M. Isa, M. Si, dan Kasubbag TU UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Drs Zulkarnaini.
Dalamsambutannya Kadisdik menyampaikan bahwa peran informasi di era digital sangatlah penting untuk mewujudkan target Pemerintah Aceh yaitu Aceh Carong.
“Yang hadir pada malam ini kami yakin adalah orang-orang yang mampu untuk mengelola informasi di daerahnya masing-masing,” tuturnya.
Informasitentang pendidikan, menurutnya harus diberikan secara cepat dan tepat agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Informasi pendidikan adalah suatu yang paling ditunggu oleh masyarakat. Jadi kita sebagai penyaji harus mampu menyajikan secara cepat,” ungkapnya.
UPTD Balai Tekkomdik menurutnya, mempunyai peranan penting dalam mengelola website dan media sosial Disdik Aceh.
“Dengan dikukuhkannya cabang dinas di 20 kabupaten/kota, maka UPTD Balai Tekkomdik memiliki tugas untuk menyebarluaskan informasi pendidikan ke seluruh pelosok daerah,” ujarnya.
“Peran dan fungsi pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan dan informasi sangat diperlukan. Pelatihan Kontributor pengelola portal website merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah,” katanya.
Dampakadanya website dan penyebaran informasi dapat menghasilkan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat dalam hitungan menit.
“Artinya, pelayanan pemerintah menjadi sangat cepat, service dan informasi dapat disediakan 24 jam, Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan mobile dimanapun tanpa harus hadir secara langsung,” terangnya.
PemanfaatanTeknologi Informasi dalam proses pemerintahan diyakini dapat meningkatkan efesiensi, efektivitas, transparansi serta akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan
“Dengan adanya portal website tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan yang adil, bersih, transparan dan akuntabel,” ungkapnya
Sebelumnya, Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, T. Fariyal, S. Sos, MM melaporkan peserta kegiatan merupakan perwakilan Bidang Disdik Aceh, UPTD Balai Tekkomdik dan Cabang Dinas Pendidikan se Aceh.
“Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk menjamin website Disdik Aceh dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat,” katanya.
Selainitu pihaknya juga ingin melatih kontributor website dari Cabang Dinas se Aceh. Untuk memastikan semua informasi dapat tersampaikan secara cepat dan akurat.
Adapunpemateri kegiatan berasal dari Pustekkom Kemdikbud, Dinas Kominsa Aceh, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan UPTD Balai Tekkomdik.