Bertemu Dubes Swedia, Wali Nanggroe Bicara Perkembangan Aceh Pasca Damai

PYM Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haythar melakukan kunjungan dan pertemuan dengan YM Duta Besar Kerajaan Swedia Mrs Marina Berg di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (05/09).

PYM WN dalam pertemuan dengan Dubes Swedia, menjelaskan perkembangan Aceh setelah 14 tahun perdamaian, Aceh sekarang dalam tahapan-tahapan membenah diri dan membangun di semua sektor, kami mengharapkan Swedia dapat berpatisipasi dalam tahapan-tahapan pembangunan di Aceh, khusus sektor pembangunan ekonomi, teknologi, kesehatan dan pendidikan. demikian penjelasan Wali Nanggroe yang di dampingi staf khusus WN M.Raviq kepada Dubes Swedia.

Tidak lupa juga Tgk Malik Mahmud Al-Haythar mengundan Mrs Marina Berg untuk menghadiri peringatan MoU Helsinki Ke 15 tahun pada agustus 2020.

Dalam pertemuan tersebut YM Duta Besar Swedia membicarakan banyak hal, di antaranya niatan investasi beberapa perusahaan Swedia di Aceh, di bidang energi dan lingkungan hidup, disamping itu kebijakan pemerintah Swedia sangat concern terhadap demokrasi, égaliter, gender, dan human right.

Pemerintah Swedia sudah melakukan kerjasama ekonomi dengan Pemerintah indonesia.

YM Duta Besar Mrs Marina Berg yang didampingi Mr Johan Hultquist (Wakil Duta Besar Swedia), bersedia hadir pada acara 15 tahun perdamaian MoU Helsinki tahun 2020, dan dalam waktu dekat YM Duta Besar akan mengunjungi Aceh. ADV