Begini Cara Kemenag Aceh Cegah Konflik Antar Umat Beragama

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh kembali mengadakan kegiatan dialog kerukunan umat beragama tingkat kecamatan, Sabtu (24/08/2019) di Hotel Kumala Banda Aceh.

Kegiatan dialog KUB yang dilaksanakan oleh Sub Bagian Hukum dan KUB, kali ini dilaksanakan untuk lingkup Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, setelah Jum’at lalu (23/08) kemarin kegiatan tersebut diadakan Lingkup Kecamatan Kuta Alam saja di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh.

Dialog KUB yang mengangkat tema ”Melalui Moderasi Beragama Kita Tingkatkan Nilai Hidup Rukun Umat Beragama”, dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Banda Aceh, Drs.H. Asy’ari, Pengurus FKUB Kota Banda Aceh, Danramil Syiah Kuala, Kapolsek Syiah Kuala, Camat, Kepala KUA, Penyuluh Agama, Para Keuchik (Kepala Desa) dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Syiah Kuala.

Kegiatan Dialog KUB yang diagendakan di 20 Kecamatan di Provinsi Aceh ini dilaksanakan untuk menampung informasi dari setiap peserta tetang kerukunan umat beragama di lingkungan masing-masing kecamatan, menyampaikan kondisi kerukunan umat beragama yang ada, perkembangan sosial serta penyelesaian masalah dalam kerukunan umat beragama di wilayah masing-masing khususnya dikecamatan Syiah Kuala.

Kasubbag Hukum dan KUB, Rakhmad Mulyana, mengungkapkan bahwa melalui dialog KUB ini diharapkan akan diketahui kondisi KUB di beberapa daerah yang plural dalam kehidupan beragama ataupun plural dalam keberagamaan sesama umat se-agama, meminimalisir potensi konflik dan membahas bersama cara penyelesaiannya.

“Giat dialog ini adalah untuk diskusi realita yang terjadi di masyarakat, mencegah konflik dan merawat kerukunan umat yang telah terbangun” ujarnya.