Kemenag Se Aceh Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Provinsi Aceh melaksanakan upacara Peringatan Hari lahir pancasila, Sabtu (1 Juni 2019).

Upacara tersebut diperingati jajaran ASN Kemenag di kantor kementerian agama kabupaten Kota masing masing, madrasah dan ada juga yang bergabung dengan pemerintah daerah setempat. Bahkan bagi ASN yang sedang menjalani Cuti atau tugas di daerah, juga mengikuti upacara di tempat tempat terdekat.

“Berdasarkan laporan di daerah kepada kami, hampir semua Kankemenag melaksanakan upacara di Kabupaten kota masing masing, dan ada juga yang bergabung dengan pemda setempat,” ujar Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin usai upacara Di Halaman Kanwil Kemenag Aceh, Sabtu (1/6).

“Sesuai arahan Kemenpan RB dan surat edaran Sekjen Kemenag RI, bahwa ASN wajib mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila hari ini, jadi tidak ada istilah tidak hadir, bagi yang ikut di luar tempat tugas agar dibuktikan dengan foto dokumentasi dan surat keterangan,”tambah Saifuddin.

Sementara itu Upacara peringatan hari lahir Pancasila di jajaran Kanwil Kemenag Aceh dilaksanakan di halaman kantor setempat Di Jalan Abu Lam U no 9 Banda Aceh dan diikuti seluruh ASN Kanwil Kemenag Aceh, ASN Kankemenag Kota Banda Aceh dan Balai Diklat Keagamaan Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Aceh, H M Daud Pakeh bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Adapun tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2019 ini yaitu “Kita Indonesia Kita Pancasila”.

Tema ini diangkat untuk bisa memperlihatkan kebanggaan sebagai bagian dari Bangsa dan Negara Indonesia dan memiliki Pancasila sebagai ideologi yang dapat mempersatukan bangsa dan negara.