KIP Banda Aceh Perkuat Pemahaman PPK dan PPS

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh menggelar bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara (Tungsura) untuk seluruh PPK dan PPS dari 90 gampong di Banda Aceh.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman PPK dan PPS dalam hal Tungsura, mengingat jadwal pemungutan dan perhitungan suara tinggal mengghitung hari.

Divisi Teknis Pemilu KIP Banda Aceh Hasbullah Yunur mengatakan, bimtek perlu dilakukan dalam rangka penguatan kelembagaan terkait dengan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Pemilu serentak 2019 nanti

“PPK dan PPS ini nantinya akan memberikan bimtek kembali kepada petugas KPPS, juga akan membimbing dan mensupervisi KPPS di hari pemungutan suara, Maka Bimtek Tungsura ini menjadi sangat strategis dalam upaya menekankan kepada PPK agar bekerja secara profesional dan mengutamakan prinsip kecermatan dan kehati-hatian.” ujar Hasbullah.

Hasbullah menambahkan, metode bimtek yang diberikan sedikit berbeda dari bimtek lain pada umumnya. Metode yang digunakan, lanjutnya, dinilai efektif untuk mempersiapkan para trainer yang akan memberikan bimtek lanjutan kepada lebih dari lima ribu KPPS di Kota Banda Aceh nantinya.

Melalui bimtek ini juga diharapkan mampu membangun komitmen profesionalitas para PPK, PPS dan KPPS di lapangan nantinya. Ia juga berpesan agar memperhatikan kesiapan teknis saat hari pemungutan suara dengan detail dan rapi.

“Kita ingin para PPK, PPS hingga tingkat KPPS kompeten dan professional di lapangan, dengan pemahaman yang baik di tingkat TPS diharapkan dapat meminimalisir kesalahan, mengingat pemilu kali ini ada lima jenis pemilihan dan ada 592 TPS di kota Banda Aceh, ini menjadi komitmen kita melalui bimtek hari ini, sebab puncaknya pemilu ada di pemungutan suara hingga penetapan hasil, jadi ini harus kita persiapkan dengan baik dan cermat”, tutup Hasbullah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads