Pemerintah Rehabilitasi Ayah dan Anak yang Terlantar di Bireuen

Dinas Sosial Kabupaten Bireun disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri menyerahkan bocah terlantar, Rosita (5), yang selama ini di asuh oleh ayahnya, Ramli (53), yang diketahui menderita gangguan kejiwaan kepada Camat Ceulala, Aceh Tengah, Salman Nuri, dan Dinas Sosial Aceh Tengah, Senin 21 Januari 2019.

Ramli bersama anaknya Rosita adalah warga Desa Berawal Gading, Kecamatan Ceulala, Kabupaten Aceh Tengah. Namun setelah mengidap gangguan kejiwaan dan sering melakukan kekerasan dalam rumah tangga, membuat isterinya melarikan diri, hingga membuat ia terlantar bersama anaknya.

Penyerahan Rosita tersebut berlangsung di salah satu ruang makan di Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen. Sementara Ayahnya, Ramli, sudah diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa Dr Fauziah Bireun pada pukul 12.45 WIB tadi siang.

Kepala Dinas Sosial Bireuen, Murdani mengatakan, awalnya ayah dan anak ini diketahui pada 22 Desember 2018, ditemukan oleh tim Dinsos Bireun sedang terlantar dan tinggal di sebuah gubuk di Km 25, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Hasil koordinasi antara Dinas Sosial Bireuen dan Dinas Sosial Aceh Tengah serta pihak Polsek Juli, Puskesmas Juli, serta Camat Ceulala, dan Dinkes Bireuen, hari ini Senin 21 Januari 2019, pukul 11.20 Wib, Ramli dan anaknya diamankan personel Polsek Juli.

“Kemudian kami bawa ke Rumah Sakit Jiwa dr Fauziah, untuk direhabilitasi. Sedangkan anaknya Rosita diserahterimakan dari Kadinsos Bireuen kepada Dinsos Aceh Tengah utk selanjutnya dirawat oleh bibinya,” kata Murdani di depan Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri MM. Alhudri menyempatkan diri singgah di Bireuen sembari pulang dari menyerahkan bantuan banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara.

Camat Ceulala, Salman Nuri, mengatakan rasa terimakasih kepada Pemda Bireuen dan semua pihak yang telah membantu.

“Rosita diamankan agar bisa mendapat perawatan dari bibinya, sementara Ramli dirawat di rumah sakit dan setelah sembuh diharap dapat kembali berkumpul dengan Rosita anaknya,” katanya.

Camat Celala juga mengaku akan berkoordinasi dengan keluarga Ramli dan melapor kepada pimpinan daerah (Aceh Tengah) agar Rosita mendapat penanganan khusus yakni trauma hiling.

“Kami berupaya agar Ramli bisa mendapatkan bantuan rumah juga usaha bengkel sehingga diharapkan Ramli dan anaknya dapat menjalani kehidupan sebagaiaman mestinya,”katanya.

Terkait bantuan rumah, Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri mengatakan ia akan menyampaikan ihwal tersebut ke Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT untuk mendapatkan bantuan rumah yang dimaksud.

“Sepulang dari sini akan saya sampaikan ke Bapak Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah agar Ramli ini bisa kita bantu. Kita Pemerintah Aceh akan mengupayakannya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads