Nova Minta Dukungan Jokowi Bangun Terowongan Geurutee

Presiden Jokowi dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Pelaksana Tugas Gubernur Nova Iriansyah berharap kepada Presiden Jokowi agar mendukung upaya pengembangan beberapa proyek lain di Aceh.

Proyek-proyek tersebut lanjut Nova seperti Pembangunan Terowongan Gunung Geurutee jalan nasional lintas barat, sehingga dapat memperpendek waktu tempuh dan menghindari sering terjadinya longsor di kawasan tersebut.

Selanjutnya kata Nova proyek Percepatan pengembangan Kawasan Pariwisata Sabang, Revitalisasi dan pengembangan Kopi Arabica Gayo dari Hulu ke Hilir sehingga menjadi Pengekspor kopi Arabica terbesar di Dunia dan Pengembangan Kawasan Pelabuhan Perikanan Lampulo dan Kawasan Industri Ladong.

“Dengan pembangunan semua fasilitas itu, kami yakin pergerakan ekonomi Aceh semakin baik, dan Insya Allah Aceh siap memberi kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan nasional,” ujar Nova disela-sela ground breaking Tol Aceh di Blang Bintang Aceh Besar, Jumat (14/12) sore.

Sementara itu terkait pembangunan jalan TOL Aceh Nova mengakui saat ini telah dilakukan tahapan pengumuman peta bidang dan daftar nominatif sebanyak 3.586 bidang tanah untuk 10 kecamatan (78 desa) yang ada di kabupaten Aceh Besar dan kabupaten Pidie.

Adapun dari 10 kecamatan tersebut, sebanyak 8 kecamatan telah dilakukan penilaian harga tanah (appraisal) dan dilanjutkan dengan musyawarah bentuk ganti kerugian di 4 kecamatan yaitu Blang Bintang, Montasik, Indrapuri, Dan Kuta Cot Glie.

“Dari 4 kecamatan yang sudah bermusyawarah tersebut, terdapat 2 kecamatan Blang Bintang dan Montasik yang sudah dilakukan pembayaran atau ganti kerugian bidang tanah,” ujar Nova.

Nova menambahkan total bidang tanah yang sudah dilakukan pembayaran saat ini sebanyak 144 bidang tanah dari total bidang 3.586 atau seluas 55,34 hektar, dengan total luas lahan 755,2 hektar di mana total realisasi dana talangan oleh Hutama Karya sebesar Rp.17,56 Milyar.

“Dengan terlaksananya pembayaran seluas 55,34 hektar tersebut, berarti saat ini pihak pelaksana konstruksi akan segera mengerjakan pembangunan jalan TOL sepanjang 6,92 kilometer di 2 kecamatan, yakni kecamatan blang bintang dan kecamatan montasik,” lanjutnya lagi.