Penyelundupan Sabu dari Malaysia Bukan Lagi Lewat Aceh

Polisi mengungkap penyelundupan 40 kg sabu dari Malaysia awal Oktober lalu. Bareskrim Polri menyatakan mayoritas penyelundupan sabu dari Malaysia bukan melalui periaran Aceh lagi namun bergeser ke Dumai.

“Rute masuk penyelundupan narkoba jenis sabu dari Malaysia yang semula melalui perairan Aceh, sekarang bergeser ke Dumai/Bengkalis,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Eko Daniyanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom dari Dittipid Narkoba Bareskrim Polri, Jumat (19/10/2018).

Sabu yang melalui Dumai atau Bengkalis itu untuk pasokan di wilayah Pekanbaru dan didistribusikan ke wilayah Sumatera dan Jawa.

“Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara melalui Tanjung Balai Asahan,” tutur Eko.

Berdasarkan data penanganan tindak pidana narkoba selama minggu ke-3 Oktober, terlihat bahwa jumlah kasus meningkat dari minggu sebelumnya. Sebanyak 825 kasus di minggu kedua dan 869 kasus di minggu ketiga.

Sedangkan jumlah tersangka yang statusnya ditetapkan pada minggu ke-3 Oktober berjumlah lebih dari 1.000 orang di seluruh Indonesia. Rinciannya yakni bandar narkoba 37 tersangka, pengedar 567 tersangka, dan penyalahguna 540 tersangka. detik

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads