Jadi Tuan Rumah, Aceh Target Juara Umum FLS2N 2018

Syaridin

Lebih dari dua ribu siswa SMA dan SMK dari seluruh Indonesia akan menunjukkan kemampuannya dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional (FLS2N) 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin menyebutkan, dua ribu lebih siswa tersebut berasal dari perwakilan siswa SMA/SMK di 34 provinsi akn mengikuti 15 mata lomba, masing-masing 6 mata lomba untuk SMK dan 9 mata lomba untuk SMA.

Menurutnya, FLS2N merupakan agenda tahunan yang pada tahun ini dilaksanakan di dua provinsi, masing-masing Aceh untuk tingkat SMA/SMK dan Bangka Belitung untuk tingkat SD dan SMP.

“Kegiatan ini menjadi wadah bagi siswa untuk menunjukkan bakatnya di bidang seni,” kata Syaridin disela-sela pembukaan kegiatan yang berlangsung di pelataran Stadion Harapan Bangsa, Senin (27/08).

Syaridin menambahkan, FLS2N dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, nasional bahkan ada tingkat internasional.

“Sebagai tuan rumah, kami bertekad untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan sebagai tuan rumah kami juga bertekad untuk menjadi yang terbaik pada FLS2N tahun 2018 ini dengan menjadi juara umum,” ujar Syaridin.

Sementara itu Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap agar kesempatan FSL2N ini agar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendorong para pelajar SMA dan SMK di Aceh agar mampu menampilkan bakat seni dan karyakarya kreatifnya di ruang publik.

“Kehadiran para pelajar SMA dan SMK dari berbagai wilayah di Indonesia tentu saja akan sangat membanggakan bagi kami, sehingga ruang berbagi pengetahuan dan berkompetisi akan terbuka dengan lebar. Dengan demikian, proses transformasi pengetahuan akan dapat berjalan dengan baik, sehingga semangat berkarya akan lebih menggebu-gebu di kalangan generasi muda kita,” ujar Nova.