Pemerintah Aceh Komitmen Lakukan Pemerataan Pendidikan Ke Daerah

Zaini Abdullah

Pemerintah Aceh berharap kualitas pendidikan Aceh semakin membaik dari tahun ketahun. Hal itu dilakukan dengan berbagai upaya, seperti peningkatan kompetensi guru dan pemerataan guru hingga ke daerah terpencil.

Hal demikian disampaikan Gubernur Aceh Zaini Abdullah disela-sela upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Selasa (02/05).

Zaini mengatakan, Pemerintah Aceh berupaya menjangkau sehingga pendidikan bisa merata hingga ke daerah-daerah pedalaman Aceh. Apalagi kata Zaini saat ini pendidikan tingat SMA sudah diserahkan kepada provinsi sehingga diharapkan lebih mendapatkan perhatian secara baik.

“Namun demikian keberhasilan pendidikan harus dilakukan secara bahu membahu baik guru, murid dan juga wali murid,”ujar Zaini.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan Aceh Laisani mengatakan pendidikan karakter menjadi fokus pembinaan kepada peserta didik kedepan.

“Sesuai dengan harapan Menteri Pendidikan, bahwa pendidikan karakter menjadi dominan terhadap peserta didik kedepan, dan tahapan ni yang paling serius kita hadapi,”lanjutnya.

Selain itu sesuai dengan harapan Presiden pendidikan kejuruan juga harus mendapatkan prioritas, termasuk regulasi sekolah-sekolah kejuruan.

“Keberadaan sekolah kejuruan menjadi perhatian serius dalam rangka kerjasama dengan dunia usaha dan industri, bagaimana kedepan embrio anak-anak SMK ini menjadi prioritas,”ujarnya.

Sementara itu pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2017 yang dipusatkan di lapangan Blang Padang Banda Aceh selain turut dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, turut hadir juga Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, Sekda Aceh, kepala SKPA dan SKPD, serta guru dan siswa se Banda Aceh.