Putra Aceh Terpilih Sebagai Komisioner KPU RI

Wakil ketua KIP Aceh Ilham saputra dan anggota KIP Aceh Yarwin Adi Darman/acehtraffic

Salah seorang putra Aceh, Ilham Saputra terpilih menjadi komi­sioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2017-2022. Mantan Wakil Ketua Komisi Inde­pen­den Pemilihan (KIP) Aceh itu, terpilih setelah me­le­wati tahapan uji kela­yakan dan kepatutan di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/4) dinihari.

Ilham menempati posisi tiga besar dari 14 peserta yang mengikuti tes KPU RI. Dari 14 orang yang meng­ikuti terse­but, Ang­gota Ko­misi II DPR-RI hanya memi­lih tujuh komisioner KPU RI, sedang­kan tujuh orang lagi lulus cadangan.

Proses uji kelayakan dan kepatutan telah dilakukan sebagaimana aturan dan prosedur dalam UU No 15 Tahun 2011. Dari 14 calon komisioner KPU RI, Ilham Saputra dipastikan lolos setelah mendapat 54 suara dalam pemilihan di Komisi II DPR-RI.

Ketujuh komisioner KPU terpilih adalah Pramono Ubaid Tanthowi (55 suara), Wahyu Setiawan (55 suara), Ilham Saputra (54 suara), Hasyim Asy’ari (54 suara), Viryan (52 suara), Evi Novida Ginting Manik (48 suara), dan Arief Budiman (30 suara).

Pemungutan suara digelar di Kom­pleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hingga Rabu (5/4) dinihari. Se­tiap anggota memasukkan surat suara dalam kotak yang telah disediakan.

Se­si pertama dilakukan pemungutan suara anggota Bawaslu, sesi kedua pemungutan suara anggota KPU. Sesi pemungutan suara selesai sekitar pukul 04.00 WIB.

Seleksi anggota KPU-Bawaslu digelar usai uji kela­yakan dan kepa­tuh­an sejak Senin (3/4). Hari pertama me­nguji 14 calon anggota KPU dan hari kedua me­nguji 10 calon anggota Bawaslu.

Hasil voting diserahkan pada rapat badan musya­warah Rabu siang sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian, hasil seleksi akan dibacakan saat rapat paripurna DPR-RI, 6 April.

“Dengan demikian, hasil ini akan kita bawa ke rapat Bamus nanti siang,” ujar Ketua Komisi II DPR-RI, Zainudin Amali.

Mengetahui lolosnya mantan Ko­mi­sioner KIP Aceh ini menjadi Komi­sioner KPU Pusat, masyarakat Aceh langsung memberikan ucapan selamat kepada Ilham Saputra yang disam­paikan melalui media sosial.

Ucapan selamat di antaranya datang dari Anggota DPR-RI asal Aceh, Muslim Ayub.

“Alhamdulillah sua­tu kebanggaan bagi masyarakat Aceh, saudara kita Ilham Saputra terpilih menjadi Komisioner KPU Pusat dari 14 orang yang diuji kala­yakan dan kepatututan 7 orang dinya­takan lolos dan Ilham Saputra berada di urutan ke-3,” ujar politisi PAN itu.

Ia dianggap sukses menjalankan pemilihan umum dan Pilkada di Aceh. Ia merupakan salah satu Komisioner KIP Aceh yang sangat aktif mem­berikan komentar kepada media di Aceh terkait pelaksanaan Pilkada dan Pemilu di Aceh lima tahun lalu.

Ilham merupakan putra Aceh kedua yang menjadi komisioner KPU periode 2017-2022. Sebelumnya, Prof Dr Nazaruddin Syamsuddin menjadi komisioner pertama di KPU asal Aceh periode 2003-2008. Analisa