Jokowi Diagendakan Buka Penas KTNA di Banda Aceh

Presiden Joko Widodo tiba di pendopo gubernur Aceh Senin pagi

Presiden Joko Widodo diagendakan akan membuka kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke-15 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, pada awal bulai Mai 2017 nanti.

Hal demikian diungkapkan ketua umum penyelenggara Penas KTNA Winarno Tohir pada Rapat Koordinasi panitia Penas KTNA di Banda Aceh, Rabu (08/03). Turut hadir Sekda Aceh beserta kepala-kepala SKPA beserta ketua KTNA dari seluruh Indonesia.

Winarno berharap pelaksanaan Penas KTNA di Aceh akan lebih semarak dari pelaksanaan sebelumnya. Ia mengingatkan kegiatan yang akan dihadiri lebih 30 ribu petani dan nelayan dari seluruh Indonesia itu tinggal 58 hari lagi.

Ia meminta agar ketua-ketua delegasi dari masing-masing provinsi untuk memantau langsung lokasi pemukiman yang akan ditempati selama berada di provinsi Aceh nantinya. “Ini kegiatannya nanti sangat banyak, setidaknya ada 34 kegiatan pada 7 bidang,”ujarnya.

Sementara itu Plh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Momon Rusmono meminta agar komunikasi dan koordinasi panitia daerah dan pusat  diperkuat agar segala kendala di lapangan bisa diantisapsi sedini mungkin, sehingga kegiatan Penas KTNA di Aceh berlangsung sukses.

“Kalau persoalan anggara tidak perlu diragukan lagi. Sekarang yang penting panitia segera siapkan bahan untuk agenda pertemuan dengan Presiden termasuk apa saja agenda Presiden di Aceh,”ujarnya.

Ia mengingatkan beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, misalnya soal keamanan, kemudian tersedianya pusat informasi serta publikasi yang belum optimal.

Ditempat yang sama Sekda Aceh Dermawan mengakui pemerintah Aceh dan rakyat Aceh siap menampung delegasi yang akan hadir di Aceh. Bahkan kata Sekda, Gubernur Aceh sudah meminta kepala-kepala SKPA untuk tidak keluar daerah sementara waktu guna menyukseskan kegiatan tersebut.

“Pemerintah Aceh akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan Penas KTNA di Aceh, kami siap menampung hingga 50 ribu orang delegasi,”tambahnya.

Sehari sebelumnya, Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga meninjau kesiapan lokasi pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke-15 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh.

Dalam kunjungan tersebut Zaini Abdullah memeriksa kesiapan lapangan stadion dan menginstruksikan agar rumput lapangan terus diperindah agar suasana tidak menjadi gersang. Zaini juga meminta kepastian kelancaran suplai listrik di lokasi.