Titip HP di Luar Bilik Suara, Walkot Banda Aceh Coblos di Lamdingin

Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 di SD Negeri 41 Lamdingin, Banda Aceh. Illiza datang bersama suami sekitar pukul 08.15 WIB.

Pantauan detikcom, Illiza tiba di TPS dan disambut sejumlah warga, Rabu (15/2/2017). Mereka sempat bersalaman dan berbincang-bincang. Sebelum masuk ke bilik suara, Illiza menunggu di depan sebuah ruangan.

Beberapa petugas terlihat sibuk mempersiapkan TPS agar warga dapat mencoblos. Setelah itu satu per satu warga dipanggil untuk memilih pemimpin mereka.
TPS di Aceh mulai dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Selain wali kota, warga Lamdingin juga mulai datang untuk memberikan suara mereka.

“HP (handphone) titip di mana ini?” tanya Illiza pada petugas TPS.

Usai menyerahkan telepon genggam miliknya, Illiza masuk ke dalam bilik suara bersama suami. Usai mencoblos sekitar pukul 08.50 WIB, wali ksota mencelupkan jari ke tinta. Setelah itu, dia keluar dan sempat menyapa warga.

Menurut Illiza proses pemilihan di Banda Aceh hingga saat ini berjalan lancar. Masyarakat juga antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suara mereka.

“Walaupun presentasenya tidak sampai 100 persen tapi antusias warga memilih kali ini cukup tinggi,” kata Illiza.

Di Banda Aceh, ada dua pasangan yang bakal bertarung. Pasangan nomor urut pertama Illiza Saaduddin Djamal-Farid Nyak Umar. Sementara pasangan nomor urut dua yaitu Aminullah Usman-Zainal Arifin.

Kedua pasangan ini merupakan calon petahana. Illiza saat ini menjabat sebagai wali kota dan mencalonkan diri kembali sebagai wali kota. Sementara Zainal Arifin menjabat wakil wali kota dan kembali maju sebagai calon wakil wali kota berpasangan dengan Aminullah.

Selain memilih calon wali kota, warga Banda Aceh juga memilih calon gubernur. Ada enam pasangan yang bertarung untuk merebutkan kursi Aceh satu.
DETIK.COM

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads