Sabang Marine Festival III Digelar April

SABANG-Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), pada April mendatang akan melaksanakan kegiatan promosi wisata yakni “Sabang Marine Festival III tahun 2017”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Kota Sabang selama seminggu.

Dalam menyukseskan kegiatan ini, BPKS juga turut mengandeng berbagai pihak seperti Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Sabang serta instansi terkait lainya.

Kepala BPKS Fauzi Husin mengatakan, jika tidak ada halang merintang, BPKS akan melaksanakan kegiatan akbar internasional yakni Sabang Marine Festival III 2017 pada bulan April mendatang.

” Rencana kegiatan ini akan kita laksanakan diakhir April. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka mempromosikan wisata bahari kepada wisatawan Mancanegara khususnya kepada para komunitas Yacht dunia,” kata Kepala BPKS, Fauzi Husen, (10/2/2017).

Dikatakan, berdasarkan pengalaman yang ada, kegiatan ini sangat efektif dilakukan dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada di Sabang ini. Dimana jika melihat dari pelaksanaan Sabang Marine Festival tahun-tahun sebelumnya peserta yang hadir terus mengalami kenaikan secara signifikan.

” Bila melihat dari SMF I sedikitnya ada 8 yacht yang datang dan SMF II ternyata peserta yang hadir mencapai 20 yacht. Bahkan sepanjang tahun 2016 ini ada sekitar 60 yacth yang singgah ke Sabang.  Ini bukti bahwa Sabang Marine Festival sangat efektif dalam dalam mempromosikan wisata,” ujar Fauzi Husen.

Menurutnya, secara geografis letak Sabang menjadi sangat strategis terhadap kunjungan kapal — kapal wisata dari Malaysia dan Thailand. Bahkan, Sabang bisa menjadi destinasi Wisata Asia dan Dunia yang diperhitungkan.

Melalui kegiatan ini, dirinya sangat yakin dapat memicu kunjungan Para Pelayar Dunia yang berada di Asia untuk bisa berkunjung ke Sabang.

” Apalagi dengan kemudahan yang telah diberikan seperti kebebasan visa, visa on arrival (VOA) dan kemudahan perizinan lainya, seperti CAIT ( Clearance and Approval for Indonesian Territory). Dengan begitu saya yakin Sabang bisa lebih sering dikunjungi yacht dan cruise pada masa mendatang,” jelas Fauzi.

Selain itu, Fauzi juga menyebutkan bahwa Sabang Marine Festival juga memiliki tujuan untuk Untuk memicu kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Sabang, memotivasi pengembangan wisata bahari di kawasan Sabang.

” Tentunya juga akan memicu dampak ekonomi riil bagi masyarakat Sabang dan menjadikan Sabang sebagai bagian dari destinasi wisata layar di Asia,” tambah Fauzi.

Sementara itu, Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan menambahkan, dalam SMF III 2017 juga diisi dengan pementasasn seni dan hiburan, aneka Perlombaan Rakyat, city tour Banda Aceh, tour de Sabang dan memperkenalkan Marina Port yang berada di Lhok Weng dan Iboh.

Target dari kegiatan ini yakni untuk memperkenalkan potensi wisata khususnya wisata maritim kepada komunitas yacht dunia baik di Asia maupun lainya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads