Polda Antisipasi Masa-masa Kritis Pilkada Aceh

Seluruh perwira Polda Aceh akan ditugaskan ke kabupaten/kota mulai tanggal 13 Februari 2017 mendatang dalam rangka persiapan pencoblosan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Aceh dan 20 kabupaten/kota diseluruh Aceh yang jatuh pada 15 Februari 2017 mendatang.

Hal demikian disampaikan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Goenawan pada silaturrahmi dengan wartawan di markaz sekber wartawan Aceh, Selasa (07/02).

Goenawan mengatakan semua kekuatan yang ada di Polda dan Polres sudah berada di TPS nya masing-masing mulai 13 Februari nanti.

Menurut Goenawan yang menjadi perhatian pihaknya adalah TPS-TPS yang rawan, baik rawan intimidasi maupun pemaksaan untuk memilih pasangan calon tertentu. Ia mengakui, personil polisi bersama BKO Brimob bersenjata lengkap masih terus bergerak mendatangi masyarakat yang jauh dari pantauan.
Kunjungan personil polisi dalam rangka untuk mengetahui langsung situasi masyarakat menjelang hari pencoblosan.

Menurutnya, daerah rawan bedasarkan data pada intelijen ada di delapan kabupaten/kota masing-masing,  Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur,  Aceh Singkil dan Kota Banda Aceh. “Ini kita himbau terus bahwa demkrasi ini adalah kekuasaan rakyat, pasangan calon memohon mndat suara rakyat itu, karena rakyat yang punya kekuasaan,”ujarnya.

Oleh sebab itu Goenawan menghimbau masyarakat untuk mendatangi TPS pada 15 Februari nanti dan memilih calon pemimpin Aceh dan kabupaten/kota masing-masing tanpa adanya rasa takut.

Selain itu diakui Goenawan, masa-masa kritis justru akan terjadi pasca pencoblosan, yaitu pada saat penghitungan suara, karena dikhawatirkan terjadinya intervensi dan tekanan kepada petugas di TPS-TPS.

Sementara itu terkait dengan jumlah kekuatan yang dikerahkan Polda Aceh, Goenawan menjelaskan, jumlah personil organik sebanyak 9778, selanjutnya brimob organik 458 serta 1900 BKO dari luar Polda Aceh.

Menurutnya penambahan pasukan baru dilakukan pihak Polda Aceh jika terjadi situasi kontijensi. “Di polres juga ada kita siapkan satu peleton  yang siap untuk dikerahkan setiap saatnya,”ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads