Ini 16 Wilayah di Aceh yang Masih Berpotensi Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG), Selasa menyampaikan, 16 kabupaten/kota di Aceh diguyur hujan dan masyarakat diminta waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor dan banjir.

Sistem peringatan awal atau early warning sistem (EWS-Aceh) merilist hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menguyur 16 wilayah di Aceh meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah.

BMKG juga memprakirakan potensi hujan kemungkinan akan meluas seperti di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan sekitarnya.

“Prakiraannya hujan mengguyur 16 wilayah di Aceh, untuk itu kita mengimbau kepada warga agar mengwaspadai kemungkinan terjadinya longsor akibat diguyur hujan secara terus menerus,” kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto.

Ia juga memprakirakan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat serta petir dan angin kencang diperkirakan akan berlangsung hingga pukul pukul 20.10 WIB dini hari.

“Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga dua hari kedepan,” sebutnya.

Siswanto juga menyampaikan, berdasarkan analisa dinamika dan pola pergerakan angin di wilayah Aceh dan Sabang secara khusus, terlihat kembali daerah pusat tekanan rendah (low preassure) di samudera hindia atau disebelah barat perairan Aceh.

Akibatnya diprakirakan ada peningkatan intensitas curah hujan untuk wilayah pantai barat dan pesisir barat, khususnya Aceh dan Sabang.

“Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat agar mengwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” katanya. Antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads