Cetak Surat Suara Pilkada Banda Aceh Rampung

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh memastikan proses cetak surat suara untuk Pilkada pemilihan walikota dan wakil walikota Banda Aceh periode 2017-2022 sudah selesai.

Surat suara yang dicetak disalah satu perusahaan percetakan di kota Surabaya itu akan tiba di Banda Aceh pada hari Jum’at (20/01) dengan menggunakan cargo Garuda.

Hal demikian disampaikan Ketua Devisi Logistik KIP Kota Banda Aceh Ranisah, Kamis (19/01).

Ranisah menyebutkan, setiba di Banda Aceh, surat suara akan disimpan pada gudang penyimpanan KIP Kota Banda Aceh, sedangkan pelipatan surat suara baru mulai dikerjakan mulai 1 Februari 2017 mendatang.

Selain itu menurut Ranisah, sejumlah kebutuhan logistik lainnya seperti bilik suara, tinta, alat kelengkapan PPS, dan salinan DPT, sudah ditangani oleh pihak KIP Provinsi Aceh, dan akan diterima oleh KIP Banda Aceh pada tanggal 20 Januari 2017.

“Kalau kita sedang persiapkan kotak, dan InsyaAllah 1 Februari mulai dilipat surat suara, saat ini sudah pengepakan di Surabaya, dan besok (Jum’at) akan dikirim dari Surabaya ke Aceh,”ujarnya.

Sedangkan distribusi surat suara untuk Pilkada Banda Aceh akan dilakukan pada 14 Februari 2017 atau sehari menjelang hari H, mengingat lokasi distribusi surat suara di Banda Aceh tidak ada kendala berarti.

Selain itu diakuinya, KIP Kota Banda Aceh juga sudah melakukan korrdinasi dengan pihak polresta Banda Aceh untuk pengamanan logistik.

Seperti diketahui, KIP Kota Banda Aceh menetapkan dua pasangan calon walikota dan wakil walikota Banda Aceh yang akan bertarung pada 15 Februari 2017 mendatang, masing-masing Pasangan Nomor Satu, Illiza Sa’duddin Djamal-Farid Nyak Umar yang diusung tujuh partai politik masing-masing, Partai Demokrat, Partai Aceh, PKS, PPP, PDA, PKPI dan PDIP.

Selanjutnya pasangan Nomor Dua, Aminullah usman-Zainal Arifin yang diusung empat partai politik masing-masing, PAN, Nasdem, Gerindra dan Golkar.

Sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 berjumlah 150.608 orang terdiri atas pemilih laki-laki 74.528 orang dan pemilih perempuan 76.080 jiwa.