ASPPI : Aceh Harus Kembangkan Destinasi Pariwisata Baru

Kunjungan wisman ke Aceh menurun/foto antara

Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh Umar Machtub menegaskan, pemerintah provinsi setempat harus mampu mengembangkan destinasi pariwisata baru jika menginginkan sektor ini menjadi andalan daerah.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Aceh harus mampu mengembangkan destinasi pariwisata yang baru,” kata  Umar Machtub di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan, potensi pariwisata Aceh cukup menjanjikan, karena banyak objek wisata yang layak jual dan berpotensi dikunjungi wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Namun, kata dia, dari sekian banyak objek wisata tersebut, yang menjadi destinasi beberapa saja, di antaranya Pulau Weh.

“Laut dan gunung di Aceh luar biasa. Kalau semua potensi itu ada dikembangkan dan dijadikan destinasi pariwisata, Aceh akan menjadi daerah tujuan wisata yang bisa diandalkan,” kata Umar Machtub.

Menjadikan sebuah destinasi wisata, kata dia, harus mendapakant dukungan penuh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk dukungan regulasi guna memproteksi kultur masyarakat.

Dukungan itu berupa pembangunan infrastruktur serta sarana, dan promosi, kata Umar Machtub.

“Masyarakat juga harus mau menerima kehadiran wisatawan,” kata Umar Machtub. Antara