Irwandi ke Tarmizi : Anda Jagoan Pertanian, Sama Seperti Saya

ANTARA

Calon Gubernur Aceh Nomor urut enam, Irwandi Yusuf menyebutkan sosok calon gubernur nomor urut satu Tarmizi Karim sebagai jagoan dibidang pertanian.

Akan tetapi menurut Irwandi, Tarmizi Karim hanya memaparkan visi-misinya dibidang pertanian pangan, khususnya padi, padahal di Aceh juga banyak nelayan, oleh sebab itu Irwandi mempertanyakan kepada Tarmizi tentang upayanya meningkatkan pendapatan nelayan.

“Pak Tarmizi Karim anda adalah jagoan pertanian sama dengan saya, disamping jagoan lain,”kata Irwandi.

Menjawab pertanyaan itu, Tarmizi memaparkan bahwa ada tiga zona dalam visi-misinya, masing-masing zona pertanian, industry dan nelayan.

“ Maka saya katakan kekayaan ekonomi kita disupport oleh kekayaan maritime kita, saya berkeliling daerah melihat TPI yang sangat amburadul,”ujarnya.

Sementara itu pada kesempatan setelahnya, calon gubenrur nomor urut dua Zakaria Saman menanyakankepada calon gubernur Irwandi Yusuf terkait upayanya menjaga lingkungan.

“Masalah Sabang, besi tua, izin tambang, izin lahan gambut, rawa tripa dan lingkungan itu rusak, bagaimana kalau anda jadi gubernur mengatasinya,”Tanya Apa Karya.

Irwandi menjelaskan, masalah lahan gambut harus disikapi menyeluruh, lahan gambut menurutnya harus tetap jadi gambut, jangan dikeringkan, karena gambut menyerap karbon lebih banyak dari pada pohon,

“Kemudian bagaiman menyikapinya?, jangan alih fungsi lahan gambut untuk kepentingan lain dan itu sudah pernah saya lakukan, saya melarang menebang pohon, saya tidak memberikan izin perkebunan diwilayah gambut, itu saja sudah cukup untuk menyelamatkan gambut,”ujar gubernur Aceh periode 2007-2012 itu.