Doto Zaini Resmi Gandeng Bupati Aceh Tengah

Bakal calon Gubernur Aceh Zaini Abdullah resmi mengumumkan bakal Calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) awal tahun 2017 mendatang.

Doto Zaini resmi memilih Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin dan memperkenalkannya kepada publik pada kegiatan yang dipusatkan di bekas Hotel Aceh, Minggu (31/07).

Meski telah menetapkan calon wakilnya, namun Zaini belum menetapkan kapan pasangan yang disingkat dengan “AZAN” ini akan dideklarasikan.

Kepada wartawan Zaini mengemukakan sejumlah alasannya memilih Bupati Aceh Tengah dua periode tersebut, karena Nasaruddin dianggap telah berhasil memimpin Aceh Tengah, selain itu Nasaruddin dinilai akan bisa diajak bekerja sama jika nantinya terpilih menjadi Gubernur dan wakil gubernur periode 2017-2022.

Menurutnya, ada lima syarat ditetapkan sebagai calon wagub Abu Doto, masing-masing, populeritas, elektabilitas, kapasitas, rekam jajak dan ketokohan.

“Jadi atas dasar itu dipilih pak Nas, sehingga hari ini kita putuskan untuk memperkenalkan. Kemudian tim juga menetapkan dua kriteria, yang paling penting adalah bisa bekerjasama, yang kedua bisa memenangkan,”ujarnya.

Pada kesempatan itu Zaini juga mengaku akan maju melalui jalur perseorangan atau jalur indepeden. Zaini mengaku foto copi KTP yang berhasil dikumpulkan pihaknya juga sudah lebih dari cukup.

Sementara itu bedasarkan data yang dibagikan kepada Media, Nasaruddin merupakan bupati Aceh Tengah dua periode 2007-2012 dan 2012-2017.

Nasaruddin lahir Takengon pada 17 Juli 1957  atau terpaut usia 17 tahun dengan Zaini Abdullah yang lahir pada 24 April 1940.