Sekda : Sektor UMKM Harus Jadi Perhatian Perbankan

Sekda Aceh Dermawan selepas dilantik oleh Gubernur Aceh/salman iqbal

Pertumbuhan ekonomi Aceh dari tahun ketahun menunjukan adanya peningkatan. Pemerintah Aceh bahkan optimis, Aceh akan menjadi salah satu kawasan investasi yang banyak dilirik investor dalam dan luar negeri.

“Harapan ini hendaknya disambut pula dengan langkah aktif oleh Perbankan sehingga keinginan pemerintah bisa sejalan dengan sistem pelayanan dari dunia Perbankan,” Demikian disampaikan Sekda Aceh Dermawan pada Peresmian Kantor Cabang PT Bank Mandiri — Peunayong, Jumat (11/03).

Sekda mengatakan dalam menjalankan pembangunan, Pemerintah Aceh tidak mungkin berjalan sendiri, peran Perbankan sangat penting di dalamnya. Oleh sebab itu Pemerintah Aceh mengharapkan kalangan Perbankan agar senantiasa menjalin kerjasama dengan Pemerintah Aceh dan kalangan dunia usaha guna memperkuat fondasi ekonomi masyarakat Aceh sehingga program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat berjalan dengan baik.

“Khusus bagi Aceh yang sedang bergerak cepat menjalankan program pembangunan, Perbankan adalah sumber keuangan yang sangat penting dalam menopang keberlanjutan ekonom,”lanjutnya.

Ia menambahkan aktvitas Perbankan perlu terus didorong sehingga denyut ekonomi rakyat semakin berdetak dan dinamika pembangunan kian bergerak dinamis. Sekda mengakui besarnya kontribusi Perbankan bagi pembangunan ekonomi Aceh.

“Oleh karena Itu, pada kesempatan ini kami kembali menyampaikan harapan kepada Perbankan di Aceh, khususnya Bank Mandiri, untuk mampu menjadi salah satu katalisator peningkatan ekonomi masyarakat Aceh, terutama untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta sektor pertanian,”ujarnya.

Menurut Sekda, sektor UMKM pantas menjadi perhatian perbankan, sebab UMKM dan Pertanian Aceh memiliki peran signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh. Daya serap kedua sektor ini terhadap tenaga cukup signifikan. Dengan dukungan dari perbankan kepada kedua sektor ini, pihaknya percaya ekonomi rakyat Aceh akan semakin semarak, dan kinerja Perbankan pun akan semakin berkembang.

“Dan kami berharap Bank Mandiri yang ada di Aceh bisa tampil sebagai salah satu yang terdepan untuk mengambil peran ini,”pungkasnya.