Dishubkominfo Lakukan Survey Asal Tujuan Orang Banda Aceh

0
135

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Banda Aceh akan melaksanakan Survey Asal Tujuan Perjalanan Orang di kota Banda Aceh Tahun 2015.

Seperti yang diungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Banda Aceh diruang kerjanya, Senin (23/11/2015), M Zubir, Saat ini ibu kota Pemerintah Aceh, Kota Banda Aceh menghadapi banyak masalah transportasi yang diperkirakan akan semakin memburuk di masa depan. Untuk meningkatkan layanan transportasi, Pemerintah Kota Banda Aceh bertekad melahirkan sebuah rencana induk transportasi yang berkualitas.

“Untuk itu, data transportasi memainkan peranan yang penting, oleh karena itu, Pemerintah Kota Banda Aceh merencanakan survei asal tujuan,” ungkap Zubir.

Survei tersebut akan melibatkan masyarakat secara acak untuk menjadi respondennya ini berusaha mencari data pola perjalanan yang mewakili perjalanan seluruh warga kota Banda Aceh.

Hasil survei ini akan mendukung pembuat kebijakan dalam melahirkan perencanaan transportasi termasuk infrastruktur dan layanan.

Menurut Zubir, tujuan dilakukannya survei asal tujuan untuk menyediakan gambaran detail pola perjalanan dan pilihan perjalanan di Banda Aceh, selain itu untuk mengetahui karakteristik perjalanan di Kota Banda Aceh.

“Survei ini juga bertujuan untuk menganalisis kecenderungan dalam transportasi dan menyediakan pola perjalanan rumah tangga dan individual,” ujar Zubir diruang kerjanya.

Menurutnya, survei ini dilakukan dengan berbagai bentuk, diantaranya survey wawancara rumah tangga, survey traffic Counting dan survey wawancara tepi jalan.

Untuk survey wawancara rumah tangga akan melibatkan lulusan perguruan tinggi sebanyak 30 orang, nantinya mereka akan melakukan wawancara dari rumah ke rumah. Untuk survei ini akan dilakukan selama 12 hari, mulai 25 November sampai 11 Desember.

“Sementara untuk survey traffic counting akan dilakukan oleh pihak Dishubkominfo selama 5 hari dan akan mensurvei 37 titik segmen jalan yang ada di kota Banda Aceh, sedangkan survey wawancara tepi jalan akan bekerja sama dengan Polantas yang akan dilakukan selama 2 hari selama bulan Desember nanti,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.