Illiza Jadi Pembicara Pada Konferensi PBB di Jepang

Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mendapat kehormatan menjadi pembicara pada acara Konferensi ketiga PBB mengenai Penanggulangan Resiko Bencana, yang digelar di Sendai, Jepang, Sabtu (14/3/2015).

Kegiatan yang dihadiri oleh hampir seluruh Kepala negara di dunia ini diselenggarakan sampai tanggal 18 Maret 2015. Indonesia sendiri dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri koordinator Bidang pembangunan Manusia, Puan Maharani.

Pihak United Nations international Strategy for Disaster reduction (UNISDR) mengundang Illiza sebagai pembicara pada konfrensi international ini.

Plh Kabag Humas Setda Kota Banda Aceh, Mahdi Andela menjelaskan, Illiza diundang dalam Konferensi dunia ini diminta untuk membagi pengalaman Banda Aceh dan untuk memainkan peran utama dalam menginspirasi dan mengajak kota-kota lainnya, baik di tingkat daerah maupun di Indonesia dan dunia dalam konteks penanggulangan resiko bencana.

Lanjut Mahdi, secara keseluruhan tujuan konferensi adalah untuk mendorong adanya perubahan lebih lanjut pada level negara melalui keterlibatan yang aktif dari seluruh stakeholders. Pemimpin lokal (walikota) khususnya, diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam menerapkan upaya-upaya peningkatan ketahanan (akan bencana) dalam masyarakat dan upaya meminimalisir resiko dari bencana di masa depan.

Sebagai bagian dari konferensi, digelar juga beberapa pertemuan dan event,  baik yang ditujukan bagi para Walikota/Pemerintah lokal maupun untuk membahas topik Penanggulangan Resiko Bencana dan Pengembangan Ketahanan akan bencana.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads