Wagub Resmikan Museum Batu Aceh

Wakil Gubernur Aceh H Muzakir Manaf, Selasa (3/2) malam, melantik Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengusaha Batu Aceh (DPP-APBA) sekaligus  meresmikan Museum Batu Abu Usman, yang berada di Jln. Khairil Anwar No 15 Peunayong, Banda Aceh.

Wagub berharap, komunitas APBA dan keberadaan museum tersebut dapat meningkatkan kreativitas rakyat Aceh pada seni batu lokal, sehingga seni batu tidak hanya menjadi ciri khas daerah, tapi juga menjadi sumber ekonomi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Kalau dulu karya seni ini hanya sebatas hobi, kini berkembang menjadi sumber ekonomi baru, juga menjadi sumber mata pencarian masyarakat,” kata pri yang akrab disapa Mualem ini.

Wagub sangat apresiatif dan mendukung terbentuknya komunitas APBA, karena menurutnya, ini memudahkan langkah dalam mempromosikan batu Aceh ke tingkat dunia. “Komunitas ini perlu kita dukung bersama. Saya harap bisa mempopulerkan batu Aceh ke tingkat dunia,”ujar Mualem.

Mantan Panglima GAM ini juga mengajak semua elemen untuk memadukan kekuatan bersama sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, sekaligus menghadirkan lapangan kerja baru bagi masyarakat. “Khusus APBA, saya harap mampu menjadi pengawal dan sebagai motor untuk meningkatkan citra seni batu Aceh hingga mancanegara,” pungkas Wagub Aceh, Muzakir Manaf.

Acara Soft Opening yang berlangsung meriah ini turut dihadiri, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto dan Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi.

Berita Terkait

Berita Terbaru