Mentan Janjikan 55.700 Ha Irigasi Untuk Aceh

Banda Aceh- Wakil Gubernur Aceh, Muzaki Manaf menyambut kedatangan Menteri Pertanian, DR. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) yang datang bersama Gubernur Aceh, Zaini Abdullah yang juga baru tiba dari Jakarta, Selasa (9/12).

Dari bandara, Wagub bersama Mentan bertolak ke Hermes Palace Hotel dan mengadakan pertemuan terkait tujuan kedatangan Menteri Pertanian RI tersebut.

Mentan akan memberikan sebanyak 164 traktor yang akan sampai ke Aceh dalam dua minggu. Pompa air 36 unit, pupuk urea 565.000 kg, pupuk NPK 369.450 kg serta benih padi 70.675 kg.

Dalam pertemuan tersebut, Mentan juga meminta pemerintah Aceh agar meningkatkan produksi padi hingga 2,7 juta ton di tahun 2015 dari rencana produksi Aceh 2,3 juta ton.

“Kalau Pemerintah Aceh menyanggupi, sekarang silakan sebut apa yang diperlukan untuk mencapai angka tersebut, saya akan bantu, termasuk pemberian benih, pupuk serta traktor,” ujar Mentan.

Kedatangan Mentan membawa angin segar bagi pertanian Aceh, dalam pertemuan itu Mentan berjanji untuk perbaikan irigasi seluas 55.700 ha dan optimalisasi lahan 20.270 ha.

Mentan mengingatkan agar segera dilakukan pengecekan saluran irigasi dan optimalisasi lahan dalam bulan desember 2014.

“Agar pada Januari 2015 semua berjalan sesuai target, tidak disibukkan lagi dengan pengecekan, nanti kita sudah harus menjalankan program ini pada 1 Januari,” ujarnya.

Wakil Gubernur Aceh berharap dengan bantuan tersebut Aceh dapat mencapai target swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Dengan bantuan ini kita harap Aceh swasembada pangan dan mensejahterakan petani dan masyarakat Aceh,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads