Zaini Usulkan Percepatan Pembangunan Tol Aceh-Sumut

0
68
Pertemuan Jokowi-JK dengan Gubernur se Indonesia

Gubernur Zaini Abdullah saat bertemu Jokowi juga menyampaikan terkait pembangunan jalan Poros Tengah terutama ruas jalan Aceh Tenggara-Gayo Lues dan ruas jalan Gayo Lues – Aceh Tengah. “Terhadap usulan ini Bapak Presiden langsung memerintahkan Menteri PU untuk segera diturunkan Tim guna melakukan perencanaan yang komprehensif agar permasalahan banjir, waduk, irigasi dan kelancaran transportasi darat di Aceh cepat teratasi,”kataMahyuzar, mengutip hasil pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai tersebut.

Karo Humas Pemerintah Aceh menambahkan, terhadap usulan percepatan RPP dan RPerpres turunan UUPA, Wakil Presiden Yusuf Kala, kata Mahyuzar, sudah memerintahkan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Jalil untuk segera menyelesaikan terutama RPP Pengelolaan Bersama Migas di Aceh sampai 200 Mil, RPP Kewenangan Nasional yang bersifat nasional di Aceh dan RPerpres Pengalihan Kanwil BPN dan Kantor BPN menjadi Perangkat Aceh dan Perangkan Kab/Kota.

Selanjutnya Gubernur Zaini mengusulkan percepatan Pembangunan Jalan Tol Sumatera (Banda Aceh-Besitang-Sumatra Utara) dan percepatan penyelesaian Hak Pengelolaan Tanah Blang Padang untuk Pemerintah Aceh yang nantinya akan digunakan sebagai ruang terbuka hijau, upacara kenegaraan, keagamaan, dan event promosi pembangunan dan wisata Aceh serta tempat olah raga masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Zaini Abdullah juga memohon persetujuan Pembangunan 5 unit Rumah Sakit Regional di Kawasan Utara-Timur Aceh, Kawasan Tengah Aceh dan Kawasan Barat Selatan Aceh.

Gubernur Zaini juga meminta percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) antara lain: Tampur, Jambo Ayee, Krueng Tripa, Krueng Seumanyam, kemudian Pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi; di kawasan Seulawah, Burni Telong dan Peut Sagoe.

“Untuk usulan ini akan dimasukkan dalam grand design nasional. Terhadap undangan menghadiri peringatan 10 tahun Tsunami Aceh, Presiden Jokowi mengatakan akan mempertimbangkannya,” pungkas Mahyuzar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.