Pemerintah Aceh Sikapi Materi Buku Pendidikan Yang Ajarkan Pacaran

0
44
foto : atjehpost.com

Pemerintah Aceh, dalam hal ini Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh, Dinas Pendidikan Aceh dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, menyikapi terkait beredarnya materi buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang memuat ‘Memahami Dampak Seks Bebas’ di halaman 123 sampai halaman 131 untuk kelas XI SMA/MA/SMK/MAK semester I.

“Ini harus kita sikapi untuk penanganan atas permasalahan yang telah menimbulkan kontraversi yang dapat meresahkan masyarakat Aceh. Karena itu, pada Kamis, 16/10 lalu kita telah mengadakan rapat terkait persoalan ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M. Adam, M.Pd, Sabtu, 18/10, di Banda Aceh.

Menurutnya, beberapa halaman dalam buku tersebut dapat menimbulkan salah penafsiran dari generasi bangsa yang masih mengenyam pendidikan dibangku sekolah.

“Misalaya, seperti yang tertera pada halaman 123, dimana pengungkapan fakta grafik pada gambar 10.1 fakta dan data tentang prilaku seksual remaja. Seolah-olah hal tersebut sudah lumrah terjadi dan dapat diikuti oleh siswa,” paparnya.

Guna menghindari dampak kontroversi yang lebih jauh, lanjut Anas, pihaknya bersama Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, menyarankan agar materi tersebut dapat dihilangkan dan diganti dengan kompetensi dasar yang sama.

“Tentunya dengan isi materi telah disesuaikan dengan budaya Aceh. Sedangkan terkait pendidikan seks harus melalui pendekatan akidah dan budaya masyarakat Aceh,” lanjut Anas.

Pihaknya juga mengharapkan, kepada seluruh Kabupaten dan Kota di Aceh supaya membentuk tim penyeleksi buku pelajaran dan buku bacaan sebelum proses dilakukan pengadaan buku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.