Anak Aceh Banyak Yang Tidak Miliki Akta Kelahiran

0
60
Sekda Aceh Dermawan selepas dilantik oleh Gubernur Aceh/salman iqbal

Salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah adalah dengan memberikan akta kelahiran, pasalnya akta kelahiran ini akan sangat berguna bagi si anak baik untuk memperoleh pendidikan maupun pelayanan kesehatan.

Akan tetapi higga saat ini belum semua anak Aceh mendapatkan haknya itu.

Hal demikian disampaikan Sekda Aceh Dermawan saat memberi sambutan pada hari anak nasional di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Rabu 927/08/2014)..

Dermawan mengatakan pemberian akta kelahiran menjadi tugas dari pemerintah kabupaten/ kota, namun juga butuh partisipasi dari masyarakat. Dermawan mengatakan kedepan akta kelahiran akan sangat dibutuhkan anak untuk berbagai kepentingan masa depannya.

” Sebagai contoh,  sampai sekarang masih banyak anak Aceh yang belum memiliki akta kelahiran sehingga pelayanan untuk anak kurang maksimal., Kita akan dorong kabupaten/kota agar semua terjamin ada akta kelahiran dan juga pentingnya partisipasi masyarakat karena tidak mungkin semuanya dijemput”lanjutnya.

Pada kesempatan itu Dermawan juga menyoroti persoalan perlindungan anak, kematian bayi yang masih tinggi dan kekerasan terahdap anak yang terus meningkat. Disamping itu suara anak juga terabaikan dalam proses perencanaan pembangunan.

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua pihak terutama orang tua untuk melakukan kampanye stop kekerasan terhadap anak”lanjutnya.

Sementara itu kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh Dahlia menhimbau masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran untuk segera melakukan pengurusannya, karena akta kelahiran adalah hak anak yang harus dipenuhi baik oleh pemerintah maupun orang tua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.