Dinas Sosial Kukuhkan Forum CSR

Forum CSR kesejahteraan Sosial  (CRS-Kesos) Aceh yang baru terbentuk diperlukan sosialisasi yang efektif dan keberadaannya juga diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan kepada penyandang masalah kesejahteraan social di Aceh.

Kontribusi yang diharapkan antara lain, pemberdayaan melalui peningkatan/perbaikan penghasilan keluarga rentan dan keluarga miskin, pemberdayaan sosial bagi keluarga bermasalah sosial psikologis, penyandang disabiitas produktif, pemberdayaan komunitas adat terpencil dan perlindungan social bagi korban tindak kekerasan.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Aceh Bukhari  pada kegiatan Penguatan Jaringan Kemitraan Dunia Usaha sekaligus pengukuhan pengurus Forum Tanggungjawab Sosial Dunia Usaha (CSR) Aceh Periode 2013 – 2016 yang berlangsung di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jum’at (22/8).

“Forum yang baru terbentuk ini harus tersosialisasi dengan baik, agar program CRS Kesos dapat dukungan penuh dari berbagai stakeholder sehingga dalam perjalanannya tidak menghadapi kendala berarti,” ujar Bukhari.

Mantan Kadispora Aceh ini menambahkan, tanggungjawab sosial adalah komitmen dan kemampuan dunia usaha untuk melaksanakan hak dan kewajiban sosial terhadap lingkungan sosialnya sebagai kerangka menciptakan masyarakat peduli (caring society) dan kemitraan. “Jadi, Forum CRS Kesos harus bisa mengkordinasikan, memfasilitasi dan mensinergikan potensi pelaku usaha, lembaga social dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Aceh   Zaini Abdullah yang diwakili Asisten II Sekda Aceh Azhari Hasan berharap, dengan kehadiran organisasi ini, sejumlah BUMN, BUMD dan  perusahaan swasta yang  ada di Aceh bisa lebih terorganisir dan tertata, sehingga  pemanfaatan dana kesejahteraan sosial  benar-benar  efektif, tepat sasaran dan berdaya guna.

“Perusahaan tidak hanya menunjukkan tanggungjawab sosialnya kepada masyarakat, tapi juga dapat membangun hubungan yang harmonis dengan  lingkungannya.  Itu sebabnya semua perusahaan yang ada di Indonesia wajib memiliki satu divisi khusus yang menangani program CSR ini,” kata Azhari Hasan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads