Plh Walikota Minta Suami Peduli Kesehatan Istri

Plh Wali Kota Banda Aceh  Illiza Sa’aduddin Djamal menyarankan agar para suami juga mengikuti seminar serviks. Demikian saran Illiza saat membuka acara seminar sehari serviks di aula A Balaikota Banda Aceh Selasa (13/5).

Bukan tanpa dalil Illiza menyarankan demikian, dalam beberapa kasus apabila seorang istri terkena penyakit berat seperti serviks dan lainnya si suami malah memberi ancaman dan hujatan kepada si istri.

“Siapa suruh capek-capek, makanya dengar kata-kata suami, jaga kesehatan,” Illiza mencontohkan.

Oleh karena itu Iliza meminta agar ke depan jika ada seminar kesehatan para istri/ibu, si bapak juga harus diikutkan.

Illiza bermaksud jika para suami bisa ikut serta dalam seminar, minimal si bapak dapat pengetahuan tentang seminar. Disamping itu juga ketika si bapak telah mengerahui si istri mengalami penyakit berat, suami diharap dapat memberi doa dan support bukan malah memberi makian atau hujatan.

Disisi lain dirinya pun meminta agar para ibu dapat menjaga kesehatan vitalnya. Dan apabila ada keluhan segera lakukan deteksi dini untuk mencegahnya.

Kanker serviks lanjut Illiza adalah salah satu penyakit mematikan ke dua setelah kanker payudara. Dirinya menghimbau agar para ibu tidak segan dan tidak malu memeriksakan kesehatan vitalnya ke dokter spesialis.

Sebelumnya dr. Ridwan kepala RSUD Meuraxa dalam laporannya mengatakan kanker serviks merupakan penyakit ganas yang umumnya  mengenai  wanita 40 tahunan dan usia subur. Dan di dunia sendiri penyakit ini menempati peringkat ke empat mematikan.

Ridwan mengatakan sebenarnya penyakit ini dapat dideteksi dini di klnik terdekat, bidan, dan Laboratorium dengan biaya murah. Penyakit yang disebabkan oleh virus HPV itu katanya bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Pencegahan dapat dilakukakn dengan menambah asupan imun tubuh.
Dijelaskannya kanker serviks sendiri memiliki ciri dan beberapa gejala antara lain tubuh lemah, turun berat badan, BAK berdarah, bercak pasca senggama, keputihan dan flek.

Ia mengungkapkan untuk tahun ini RSUD Meuraxa akan merencanakan pemeriksaan pap smear gratis bagi 100 wanita saja.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads