TNI dan DK3 Siap Hijaukan Kota Banda Aceh

Dandim 0101 BS Melakukan Penanaman Pohon Secara Simbolis/Salman Iqbal

Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh selama tahun 2013 telah melakukan penanaman sebanyak 5.000 batang pohon di wilayah Banda Aceh. Penanaman pohon itu terus dilakukan untuk memenuhi target 20 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kepala DK3 Jalaludin mengatakan saat ini Ruang terbuka Hijau di kota Banda Aceh sudah mencapai 12,5 persen, menurutnya Pemko terus berupaya menambah RTH baru dengan melakukan pembebasan lahan untuk dijadikan hutan kota, seperti yang dilakukan di sekitar Kecamatan Ulee Kareng dan Seputaran TPA Gampong Jawa.

Menurutnya di kecamatan Ulee Kareng ada sekitar 2,5 hektar tanah yang akan dibebaskan untuk RTH, sedangkan di gampong Pande kecamatan Kutaraja sekitar 30 hektar.

“saat ini ada beberapa tempat yang sedang nego harga tanah untuk kita buka RTH baru, kira-kira ada 2,5 hektar yang akan kita tanam di Ulee Kareng”lanjutnya

Menurut Jalal, DK3 saat ini punya program 2 minggu satu kali untuk penanaman pohon dan gotong royong massal di kota Banda Aceh, “kalau untuk RTH persentasenya kita sudah punya 12,5 persen, jadi tinggal 7,5 persen lagi, jadi kita terus memacu ini dengan membebaskan lahan untuk ruang terbuka baru”lanjutnya lagi.

Jalaludin menambahkan lokasi-lokasi yang sudah dilakukan penanaman pohon antara lain, kawasan Jalan Mr. Muhammad Hasan, seputaran krueng Aceh dan Taman Kota di Tibang Syiah Kuala Banda Aceh. Menurutnya ada 18 jenis pohon yang di tanam dikota Banda Aceh, pohon yang ditanam disesuaikan dengan lokasi penanaman.

“jenis harus kita sesuaikan dengan variasi, missal dekat pantai, ya kita sesuaikan dengan pohon pantai, dan lainnya juga seperti itu”ungkapnya.

Menurut Jalaludin program penghijauan itu mendapat dukungan penuh dari TNI Kodim 0101 BS.

Sementara itu Komandan Kodim 0101 BS Letkol Agus Budi Setyo Raharjo mengatakan TNI siap melakukan penghijauan areal-areal kosong yang masih ada di kota Banda Aceh, hal itu untuk mendukung program dari pemerintah Kota Banda Aceh untuk mewujudkan kota hijau.

“kita selalu siap, kalau ada tempat yang kosong, kita akan nanam, ini untuk mendukung untuk menciptakan lingkungan kota yang asri”lanjutnya.