DKPP Akan Kembangkan Rumput Laut

0
77

Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kota Banda Aceh pada tahun 2013 ini berencana mengembangkan budidaya rumput laut jenis Gracilaria sp, untuk  mendorong perekonomian masyarakat pesisir.

Kepala DKPP, Bakhtiar  mengatakan untuk percontohan pihaknya akan melakukan pengembangan pada satu hektar tambak di kawasan kecamatan Meuraksa Banda Aceh, menurut Bakhtiar  rumput laut Gracilaria sp merupakan barang baru di Banda Aceh, dan jenis rumput laut ini dapat dibudidayakan di tambak-tambak, meskipun habitat awalnya  di laut, Baktiar berharap rumput laut Gracilaria sp menjadi salah satu komoditas unggulan yang  bisa dikembangkan oleh masyarakat pesisir.

“kita coba rumput laut tambak, dan akan kita buat percobaan dulu satu tambak atau sekitar 1 Hektar dulu, nanti kita akan lihat peluang memasarkannya”lanjutnya.

Bakhtiar mengakui pihaknya masih kesulitan untuk memperoleh bibit Gracilaria, namun menurutnya peluang budidaya rumput laut sangat menjanjikan, dikarenakan tingginya permintaan pasar baik di dalam maupun luar negeri.

Bakhtiar menjelaskan Untuk tahap awal, kawasan tambak di kecamtan Meuraksa akan dijadikan percontohan.  Karena Menurutnya untuk mengembangkan rumput laut, tambak memerlukan spesfikasi khusus, selain itu Sistem yang digunakan adalah sistem vertikultur, dimana dalam satu tambak selain bisa di budidayakan rumput laut juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya udang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.