DPRA Sepakat Pemerintah Aceh Hentikan Beasiswa

0
66

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sepakat agar pengelolaan beasiswa oleh Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) tetap diberikan tanda bintang.

Pasalnya pihak LPSDM hingga kini tidak memiliki data yang valid siapa saja penerima beasiswa Aceh.

Juru bicara fraksi PKS-PPP Fuadi Sulaiman mengatakan pihaknya sependapat dengan pemerintah Aceh yang akan menghentikan sementara penerimaan mahasiswa baru penerima  beasiswa baik untuk dalam dan luar negeri pada tahun 2013. Pihaknya mengusulkan agar dana tersebut dialihkan untuk calon guru daerah terpencil (Gurdacil) yang telah diputuskan kontrak pada akhri tahun 2012 lalu.

“kami sepakat dengan badan anggaran agar dana sebesar 78 Milyar yang akan dikelola oleh LPSDM itu diberi tanda bintang dulu, pasalnya mereka nggak punya data yang valid siapa penerima beasiswa”lanjutnya.

Sementara itu juru bicara fraksi partai Demokrat Tanwir Mahdi mengatakan penyaluran beasiswa harus benar-benar kepada yang berhak serta didukung dengan data yang valid, menurut Tanwir sebaiknya pemerintah Aceh lebih focus membiayai mahasiswa lanjutan yang sekarang sedang mengikuti program studi baik didalam maupun luar negeri.

“Kami juga memohon perhatian Saudara Gubernur agar penyaluran beasiswa pada Tahun Anggaran 2013 ini lebih diutamakan untuk membiayai penyelesaian program studi mehasiswa lanjutan yang sekarang sedang mengikuti pendidikan baik di dalam mau pun di luar negeri”lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan fraksi partai Golkar, juru bicara fraksi partai golkar Husen Banta mengatakan penyaluran beasiswa sejak tahun 2008 hingga tahun 2011 memunculkan sejumlah masalah, pihak penyalur bahkan tidak mampu mempertanggungjawabkan data penerima beasiswa Aceh. Fraksi Golkar mendesak pemerintah Aceh agar  memberikan tanggungjawab pengelolaan beasiswa kepada orang yang professional.

“Bagi kami pengelolaan beasiswa ini aneh dan memang sangat aneh bagaimana mungkin dana ratusan milyar di alokasikan untuk itu tetapi kita tidak tahu kepada siapa di berikan, dimana yang bersangkutan kuliah, bidang studi apa yang dia ikuti, berapa tahun dia harus menyelesaikan”lanjut dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.