Nilai Tukar Petani Aceh Meningkat

Pada bulan Oktober 2010, lima sub sektor Nilai Tukar Petani (NTP) di provinsi Aceh mengalami peningkatan indeks, kelima sub sektor itu adalah sub sektor tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan perkebunan.

Kepala Badan Pusat Statistic Provinsi Aceh, Syech Suhaimi mengatakan ke lima sub sektor tersebut masih berada di atas 100 “pada bulan oktober 2010, lima sub sektor Nilai Tukar Petani (NTP) di provinsi Aceh mengalami peningkatan Indeks yaitu tanaman pangan meningkat 2,25 persen, holtikultura 0,05 persen, tanaman perkebunan rakyat 1,92 persen, peternakan 0,65 persen dan perikanan 0,50 persen,” katanya.

Suhaimi menambahkan pada bulan Oktober juga telah terjadi deflasi di pedesaan yaitu sebesar 0,19 persen, yang disebabkan oleh penurunan indeks konsumsi rumah tangga.

Dari 10 provinsi di Sumatera yang dilaporkan pada bulan Oktober, enam provinsi mengalami deflasi di pedesaan. Deflasi terbesar terjadi di provinsi Lampung dan terendah terjadi di Sumatera Barat. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads