Waiting List Aceh 32.329 Orang

0
67

Daftar tunggu (waiting list) jamaah haji Aceh hingga bulan Oktober 2010 ini sudah mencapai 32.329 orang, jumlah tersebut merupakan terbanyak kedua di Indonesia dan diperkirakan baru habis diberangkatkan dalam sepuluh tahun kedepan.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, mengatakan Pemerintah Aceh terus berupaya untuk meyakinkan pemerintah pusat agar terus menambah jatah jamaah haji Aceh sesuai satu permil atau berkisar antara 4.500 orang jamaah haji, sedangkan tahun ini meskipun sudah terjadi penambahan sebanyak tiga kali, jamaah haji Aceh yang diberangkatkan baru mencapai 4.098 orang.

“Bahwa penduduk kita 4,5 juta, kalau sesuai poporsi kita dapat 4.500 orang dan penduduk kita mayoritas muslim, jadi cocok lah kalau ditambah lagi, ini masih jauh, sehingga ini bisa mengatasi masalah waiting list kita,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Aceh, A Rahman TB mengatakan untuk tahun ini Aceh sudah tiga kali memperoleh tambahan jamaah haji, kali pertama sebanyak 325 orang, kali kedua sebanyak 163 orang dan kali ketiga sebanyak 50 orang.

Rahman menambahkan jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 4.098 orang ditambah petugas sebanyak 65 orang sehingga total yang berangkat berjumlah 4.163 orang, jumlah ini meningkat 499 orang jamaah dibandingkan dengan tahun yang lalu.

Seluruh jamaah haji Aceh tahun ini diberangkatkan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda menggunankan pesawat Garuda Indonesia Boing 767 dengan kapasitas 325 orang. Sedangkan pemondokan jamaah haji tahun ini berkisar antara 2 hingga 4 KM dari Masjidil Haram, delapan kloter berada pada ring satu atau sekitar 2 Km dari Masjidil Haram dan lima kloter di ring dua atau 4 Km dari Masjidil Haram. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.