Dirut PT PLN Pusat Luncurkan Sistem K-Strom

0
71

Direktur Utama PT PLN Pusat, Dahlan Iskan, meluncurkan sistem pembayaran tagihan listrik melalui Short Massage Service (SMS) yang diberi nama K-Strom di Provinsi Aceh, sekaligus untuk PT PLN Wilayah Indonesia Bagian Barat. diharapkan program tersebut dapat memberi kemudahan bagi pelanggan dalam melunasi tagihan listrik. Karena pembayaran dapat dilakukan hanya dengan SMS. Solusi ini, juga menciptakan peluang lapangan kerja masyarakat melalui kemitraan bersama PLN, dalam menghimpun beban tagihan bulanan.

Hal itu disampaikan Dirut PT PLN Pusat, Dahlan Iskan, dalam Rapat Koordinasi PT PLN Indonesia Barat yang dihadiri oleh General Manager dari 8 Provinsi yang ada di Pulau Sumatera, Kamis (30/9) pagi di Banda Aceh. Menurutnya, hal itu dilakukan PT PLN sehubungan upaya meningkatkan pelayanan bagi pelanggan, PLN terus berupaya memberi kemudahan. Termasuk dengan sistem pembayaran tagihan melalui pesan singkat (SMS), seperti halnya sistem penjualan pulsa M-Kios.

“Pelanggan harus registrasi dan memiliki deposit terlebih dahulu, kemudian pembayaran tagihan listrik cukup dengan SMS saja. K Strom juga dapat membayar tagihan pelanggan lain,” ungkapnya.

Dia menuturkan, setiap peserta program K Strom berpeluang menciptakan lapangan kerja, yakni melalui jasa pembayaran tagihan listrik para pelanggan sesuai deposit yang dimiliki. Bahkan, selaku mitra PLN juga berhak memperoleh komisi dari setiap pelanggan yang membayar tagihan listrik melalui program itu.

“Dengan K Strom, kami berharap selain mampu mempermudah pembayaran tagihan rekening listrik, memotivasi pelanggan melunasi kewajiban serta membuka peluang investasi bisnis baru bagi masyarakat,” jelasnya.

Inovasi yang diberi nama K-Strom tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan PT.PLN melakukan pembayaran rekening listrik, Info PLN, Pemasangan baru, melalui layanan Short Massage Service (SMS) dari agen yang ditempatkan di Kecamatan, kabupaten kota di Aceh.

Sementara itu General Manager PT PLN Wilayah Aceh Zulkifli mengatakan selain program K-Strom, PLN Aceh dalam waktu dekat ini akan membuka sistim pembayaran tagihan rekening listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB) bekerja sama dengan Bank Bukopin Cabang Banda Aceh. saat ini tengah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga ke daerah pelosok.

“Tujuan sosialisasi ini untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang sistem pembayaran tagihan rekening listrik PPOB dan juga membuka kesempatan peluang bisnis kepada masyarakat untuk meningkatkan penghasilan dengan membuka PPOB di gampong mereka masing – masing” ungkapnya.

Zulkifli menambahkan PPOB ini memberi manfaat kepada masyarakat, mempermudah pembayaran rekening listrik di tempat terdekat tanpa perlu antri lagi, serta memberi peluang bisnis dengan menjadi mitra PLN. Sebab PLN akan memberi fee, sebagai keuntungan yang didapatkan dalam peluang bisnis tersebut yang bisa dilakukan sebagai sampingan dari pekerjaan yang utama.

Menurutnya, PT PLN sebagai pengelola dan pemberi data yang dikoneksi KUD-KUD bentukan masyarakat yang melakukan pelayanan pembayaran rekening listrik melalui sistim PPOB. Sementara itu individu atau kelompok di masyarakat sebagai penerima uang dan Bukopin sebagai penyedia jasa layanan teknologi yang nanti akan mengambil uang setoran dari KUD, yang kemudian menyetorkannya ke PLN pusat. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.