Hari Bersih Pantai Internasional di Banda Aceh dan Aceh Besar

Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh (Jaringan KuALA) bersama sejumlah LSM peduli lingkungan akan menyelenggarakan Hari Bersih Pantai Internasional 17 Oktober mendatang di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Penyelenggaraan International Coastal Cleanup Day( ICC-Aceh 2010) yang dinisiasi dan digerakkan oleh Yayasan Lamjabat (YL) Aceh direncanakan akan dilakukan pada hari Minggu, 17 Oktober 2010 di empat lokasi, yaitu Ujong Pancu, Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Ujong Batee.

Koordinator Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh (Jaringan KuALA), M airfsyah Nasution, mengatakan gerakan tersebut merupakan gerakan internasional dan saat ini menurutnya ada lima tumpukan sampah raksasa salah satunya di Samudera Hindia, yang dibuang oleh masyarakat dikawasan – kawasan wisata.

“Itu kan berasal dari buangan sampah dikawasan – kawasan wisata, jadi tanggal 17 nanti kita akan mengugah pengunjung untuk melakukan pembersihan pantai selain itu kita ada pendataan dan interaksi dengan masyarakat pengunjung” katanya.

International Coastal Cleanup Day (ICC/Hari Bersih Pantai Internasional) merupakan hari gerakan aksi pembersihan pantai sedunia. Hari aksi kerelawanan internasioal untuk pembersihan pantai ini awalnya bermula di California, Amerika Serikat sejak 1985. Aksi ini senantiasa diperingati pada Sabtu Minggu ke-3 bulan September setiap tahunnya dan semangat gerakan ini terus menyebar ke seantero dunia, termasuk di Aceh, Indonesia. ICC yang ke-25 tahun ini jatuh pada tanggal 25 September 2010. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads