Pemerintah Terus Berupaya Menambah Kuota Haji

Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, mengatakan pemerintah Aceh akan terus mengupayakan penambahakan kauota jamaah haji Aceh sesuai dengan jumlah angka satu permil. Nazar mengatakan jumlah antrian haji (waiting list) Aceh sudah mencapai 31.781 orang atau baru habis diberangkatkan 9 hingga 10 tahun kedepan, untuk itu ia mengharapkan adanya penambahan kuota untuk Aceh

“Alhamdulillah tahun ini kita sudah ditambah lagi sehingga tahun ini kita bisa berangkatkan 4 ribu orang lebih, tetapi kita harap kedepan lebih banyak karena antrian kita bisa 9 – 10 tahun kedepan, ini karena ekonomi kita yang lebih baik” kata nazar.

Nazar menambahkan makin banyaknya masyarakat Aceh yang berhaji dikarenakan adanya peningkatan ekonomi masyarakat di perkampungan sehingga saat ini sudah banyak warga dari pelosok desa yang sanggup menunaikan ibadah haji sehingga tidak lagi didominasi oleh masyarakat kota.

Sementara itu kepala Kanwil kementrian agama Aceh, A Rahman TB, mengatakan saat ini Aceh kembali mendapatkan tambahan kuota nasional tahap tiga sebanyak 50 orang yang diperebutkan nasional dengan persyaratan yang lebih ketat

“Alhamdulillah Aceh mendapat 50 orang tapi dengan syarat sangat ketat, yang pertama usia 60 keatas dan belum pernah naik haji” katanya.

Dilain pihak Humas Kementrian Agama Aceh, Juniazi, mengatakan untuk tahun 2010 ini Provinsi Aceh sudah dua kali mendapat tambahan kuota haji, yaitu pertama 325 orang dan kedua 163 orang JCH. Jadi total kouta haji Aceh Tahun 2010 ini adalah 4.087 orang JCH. Sedangkan, pada tahun – tahun sebelumnya Aceh cuma mendapatkan kuota haji 3599 orang. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads